PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS XI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A.
Semester I
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
|
1
|
Memahami berbagai informasi dari
sambutan/khotbah dan wawancara
|
§ Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah
yang didengar
|
4
|
Juli
|
|
§ 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam
wawancara
|
4
|
||||
2
|
Mengungkapkan secara lisan informasi hasil
membaca dan wawancara
|
§ Menjelaskan secara lisan
uraian topik tertentu dari hasil
membaca (artikel atau buku)
|
4
|
Agustus
|
|
§ Menjelaskan hasil
wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
|
4
|
Agustus
|
|||
3
|
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca intensif dan membaca nyaring
|
§ Menemukan perbedaan paragraf induktif
dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
|
4
|
September
|
|
§ Membacakan berita
dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
|
4
|
September
|
|||
4
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
|
§ Menulis proposal untuk
berbagai keperluan
|
4
|
Oktober
|
|
§ Menulis surat dagang dan surat kuasa
|
4
|
||||
§
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
|
4
|
||||
5
|
Memahami
pementasan drama
|
§ Mengidentifikasi
peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
|
4
|
||
§ Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
|
4
|
November
|
|||
6
|
Memerankan tokoh
dalam pementasan drama
|
§ Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik
dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
|
4
|
||
§ Mengekpresi-kan
perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
|
4
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
|
7
|
Memahami berbagai hikayat, novel
Indonesia/novel terjemahan
|
§ Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
|
4
|
NOPEMBER
|
|
§ Menganalisis
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
novel Indonesia/terjemahan
|
4
|
||||
8
|
Mengungkapkan infomasi melalui
penulisan resensi
|
§ Mengungkap-kan
prinsip-prinsip penulisan resensi
|
4
|
||
§ Mengapli-kasikan
prinsip-prinsip penulisan resensi
|
4
|
Desember
|
|||
JUMLAH
|
68
|
|
B.
Semester II
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
1
|
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar.
|
1.
Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau
seminar
2.
Mengomentari pend-apat seseorang dalam suatu diskusi atau
seminar
|
2
|
Januari
|
2
|
Menyampaikan
lapor-an hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.
|
Mempresentasikan
ha-sil penelitian secara runtut dengan meng-gunakan bahasa yang baik dan
benar.
|
4
|
Januari
|
3
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca cepat dan membaca intensif
|
Mengungkapkan po-kok-pokok isi teks dengan membaca ce-pat 300 kata per menit.
|
2
|
Januari
|
4
|
Mengungkapkan
infor-masi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,
notulen rapat, dan karya
|
Menulis
rangkuman/ringkasan isi buku
|
2
|
januari
|
5
|
Memahami
buku biografi, novel, dan hikayat.
|
Mengungkapkan
hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
|
4
|
januari
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
6
|
Mampu membaca dan memahami berbagai
teks bacaan nonsastra dengan berbagai terk-nik membaca melalui membaca intensif (paragraf deduktif dan
induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks
|
Menentukan
Ragam Bahasa Baku dan Tidak Baku
|
2
|
januari
|
7
|
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar.
|
Merangkum isi pem-bicaraan
dalam suatu diskusi atau seminar
|
4
|
Pebruari
|
8
|
|
Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
4
|
Pebruari
|
9
|
Menyampaikan
laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.
|
Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan
|
4
|
Pebruari
|
10
|
|
bahasa
yang baik dan benar
|
2
|
Pebruari
|
11
|
|
Mengomentari
tanggapan orang lain terhadap presentasi
hasil
penelitian
|
2
|
Pebruari
|
12
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca cepat dan membaca intensif
|
Membedakan
fakta dan opini pada editorial dengan
membaca intensif
|
2
|
Pebruari
|
13
|
Mengungkapkan
in-formasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,
notulen rapat, dan karya
ilmiah
|
Menulis
notulen rapat sesuai dengan pola
penulisannya
|
2
|
Maret
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
14
|
Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai
ragam wacana lisan sastra melalui memba-has atau mendiskusi-kan isi cerita
pendek dan puisi
|
Mendengarkan Pembacaan Cerpen dan Mendiskusikan Tema, Alur,
Unsur, dan Menemukan Nilai-Nilainya.
|
4
|
Maret
|
15
|
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra
dengan berbagai teknik membaca intensif (paragraf deduktif dan induktif),
membacakan teks berita, dan membaca cepat teks.
|
Menggunakan
Berbagai Makna dan Hubungan Makna
|
2
|
Maret
|
16
|
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
|
1.
Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau
seminar
2.
Mengomentari pen-dapat seseorang dalam
suatu diskusi atau seminar
|
4
|
Maret
|
17
|
Menyampaikan
laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.
|
Mengomentari
tangga-pan orang lain terhadap presentasi
hasil
penelitian.
|
4
|
Maret
|
18
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca cepat dan membaca intensif
|
1.
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
2.
Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif
|
4
|
April
|
19
|
Mengungkapkan informasi
dalam bentuk rangkuman/ ringkasan,
notulen rapat, dan karya ilmiah
|
Menulis
karya ilmiah seperti hasil peng-amatan, dan penelitian.
|
2
|
April
|
20
|
Memahami
buku biografi, novel, dan hikayat.
|
Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh .
|
2
|
April
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
||||
21
|
Mampu membaca dan memahami berbagai
teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensaif (paragraf deduktif dan
induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks.
|
Memahami
Kalimat yang Ambigu.
|
2
|
Mei
|
||||
22
|
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
|
1. Merangkum isi pembicaraan dalam suatu
diskusi atau seminar
2. Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
4
|
Mei
|
||||
23
|
Menyampaikan laporan hasil
penelitian dalam diskusi atau seminar.
|
Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
|
2
|
Mei
|
||||
24
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca cepat dan membaca intensif
|
Menentukan kalimat kesimpulan (ide
pokok) dari berbagai pola paragraf
induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
4
|
Juni
|
||||
25
|
Mengungkapkan informasi
dalam bentuk rangkuman/ringkasan,
notulen rapat, dan karya
ilmiah
|
Menulis karya ilmiah seperti
hasil pengamatan, dan penelitian
|
||||||
26
|
Menulis
naskah drama
|
1.
Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
2.
Menarasikan pe-ngalaman manusia
dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
|
4
|
Juni
|
||||
27
|
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra
dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensaif (paragraf deduktif
dan induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks.
|
Menggunakan Ungkapan dan
Peribahasa
|
||||||
Diketahui oleh
Kepala Sekolah,
................................................
NIP. .....................................
|
|
Serang, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Aosin Suwadi, S.Pd., M.
Si
NIP 196106051983051009
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !