Headlines News :
Home » » Program Tahunan

Program Tahunan

Diposting Oleh aosin suwadi pada Rabu, 18 Juni 2014 | 17.01



PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A.    Semester I
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
BULAN



1
Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
§  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar
4
Juli

§  1.2    Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
4

2
 Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
§  Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   
4
Agustus


§  Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
4
Agustus


3
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
§  Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
4
September

§  Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
4
September

4
Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
§  Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan   

4
Oktober

§  Menulis surat dagang dan surat kuasa
4

§  4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
4

5
Memahami pementasan drama
§  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
4

§  Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
4
November

6
Memerankan tokoh dalam pementasan drama
§  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

4

§  Mengekpresi-kan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
4





NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
BULAN



7
Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
§  Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat
4
NOPEMBER

§  Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
4

8
Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
§  Mengungkap-kan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
4

§  Mengapli-kasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
4
Desember

JUMLAH
68



B.     Semester II
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
BULAN
1
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar.
1.   Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau seminar 
2.   Mengomentari pend-apat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar   
2
Januari
2
Menyampaikan lapor-an hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.

Mempresentasikan ha-sil penelitian secara runtut dengan meng-gunakan bahasa yang baik dan benar.
4
Januari
3
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif 
Mengungkapkan po-kok-pokok isi teks dengan  membaca ce-pat 300 kata per menit.
2
Januari
4
Mengungkapkan infor-masi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan karya
Menulis rangkuman/ringkasan isi buku 

2
januari
5
Memahami buku biografi, novel, dan hikayat.
Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh 
4
januari




NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
BULAN
6
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai terk-nik membaca melalui membaca intensif (paragraf deduktif dan induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks
Menentukan Ragam Bahasa Baku dan Tidak Baku
2
januari
7
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar.
Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau seminar 
4
Pebruari
8

Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
4
Pebruari
9
Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.
Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan
4
Pebruari
10

bahasa yang baik dan benar
2
Pebruari
11

Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian  
2
Pebruari
12
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif
2
Pebruari
13
Mengungkapkan in-formasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah
Menulis notulen rapat sesuai dengan pola  penulisannya
2
Maret











NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
BULAN
14
Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra melalui memba-has atau mendiskusi-kan isi cerita pendek dan puisi
Mendengarkan Pembacaan Cerpen dan Mendiskusikan Tema, Alur, Unsur, dan Menemukan Nilai-Nilainya.

4
Maret
15
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca intensif (paragraf deduktif dan induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks.
Menggunakan Berbagai Makna dan Hubungan Makna

2
Maret
16
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
1.   Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
2.   Mengomentari pen-dapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar      
4
Maret
17
Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.
Mengomentari tangga-pan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian.
4
Maret
18
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif 
1.   Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit
2.   Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif  
4
April
19
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah
Menulis karya ilmiah seperti hasil peng-amatan, dan penelitian.
2
April
20
Memahami buku biografi, novel, dan hikayat.
Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh  .
2
April






NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
BULAN


21
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensaif (paragraf deduktif dan induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks.
Memahami Kalimat yang Ambigu.
2
Mei


22
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
1.     Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
2.     Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
4
Mei


23
Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.

Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
2
Mei


24
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif 
Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
4
Juni


25
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah
Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian


26
Menulis naskah  drama   

1.       Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama  
2.       Menarasikan pe-ngalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
4
Juni


27
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensaif (paragraf deduktif dan induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks.
Menggunakan Ungkapan dan Peribahasa


Diketahui oleh
Kepala Sekolah,



................................................
NIP. .....................................

Serang, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Aosin Suwadi, S.Pd., M. Si
NIP 196106051983051009
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bahasa dan Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aosin Suwadi