PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS XI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A.   
Semester I
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
BULAN | |
| 
1 | 
Memahami berbagai informasi dari
  sambutan/khotbah dan wawancara | 
§  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah 
  yang didengar  | 
4 | 
Juli | |
| 
§  1.2    Merangkum isi pembicaraan dalam
  wawancara    | 
4 | ||||
| 
2 | 
 Mengungkapkan secara lisan informasi hasil
  membaca dan  wawancara | 
§  Menjelaskan secara lisan
  uraian   topik tertentu dari hasil
  membaca (artikel atau buku)     | 
4 | 
Agustus | |
| 
§  Menjelaskan hasil
  wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
   | 
4 | 
Agustus | |||
| 
3 | 
Memahami ragam wacana tulis dengan
  membaca intensif dan membaca nyaring | 
§  Menemukan perbedaan paragraf induktif
  dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif  | 
4 | 
September | |
| 
§  Membacakan berita
  dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik | 
4 | 
September | |||
| 
4 | 
Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 
§  Menulis proposal  untuk 
  berbagai keperluan    | 
4 | 
Oktober  | |
| 
§  Menulis surat dagang dan surat kuasa | 
4 | ||||
| 
§ 
  4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | 
4 | ||||
| 
5 | 
Memahami
  pementasan drama | 
§  Mengidentifikasi
  peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama | 
4 | ||
| 
§  Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan | 
4 | 
November | |||
| 
6 | 
Memerankan tokoh
  dalam pementasan drama | 
§  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik
  dan mimik, sesuai dengan watak tokoh | 
4 | ||
| 
§  Mengekpresi-kan
  perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis | 
4 | 
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
BULAN | |
| 
7 | 
Memahami berbagai hikayat, novel
  Indonesia/novel terjemahan | 
§  Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat | 
4 | 
NOPEMBER  | |
| 
§  Menganalisis
  unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik
  novel Indonesia/terjemahan | 
4 | ||||
| 
8 | 
Mengungkapkan infomasi   melalui 
  penulisan  resensi | 
§  Mengungkap-kan
  prinsip-prinsip penulisan  resensi 
   | 
4 | ||
| 
§  Mengapli-kasikan
  prinsip-prinsip penulisan resensi | 
4 | 
Desember | |||
| 
JUMLAH | 
68 |  | |||
B.    
Semester II
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
BULAN | 
| 
1 | 
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar. | 
1.  
  Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau
  seminar   
2.  
  Mengomentari pend-apat seseorang dalam suatu diskusi atau
  seminar     | 
2 | 
Januari
   | 
| 
2 | 
Menyampaikan
  lapor-an hasil penelitian dalam diskusi atau seminar. | 
Mempresentasikan
  ha-sil penelitian secara runtut dengan meng-gunakan bahasa yang baik dan
  benar. | 
4 | 
Januari
   | 
| 
3 | 
Memahami ragam wacana tulis
  dengan membaca cepat dan membaca intensif 
   | 
Mengungkapkan po-kok-pokok isi teks dengan  membaca ce-pat 300 kata per menit. | 
2 | 
Januari
   | 
| 
4 | 
Mengungkapkan
  infor-masi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, 
  notulen rapat, dan karya | 
Menulis
  rangkuman/ringkasan isi buku   | 
2 | 
januari | 
| 
5 | 
Memahami
  buku biografi, novel, dan hikayat. | 
Mengungkapkan
  hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh   | 
4 | 
januari | 
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
BULAN | 
| 
6 | 
Mampu membaca dan memahami berbagai
  teks bacaan nonsastra dengan berbagai terk-nik membaca melalui membaca intensif (paragraf deduktif dan
  induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks | 
Menentukan
  Ragam Bahasa Baku dan Tidak Baku | 
2 | 
januari | 
| 
7 | 
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar. | 
Merangkum isi pem-bicaraan
  dalam suatu diskusi atau seminar   | 
4 | 
Pebruari
   | 
| 
8 |  | 
Mengomentari
  pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | 
4 | 
Pebruari | 
| 
9 | 
Menyampaikan
  laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar. | 
Mempresentasikan
  hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan  | 
4 | 
Pebruari | 
| 
10 |  | 
bahasa
  yang baik dan benar  | 
2 | 
Pebruari | 
| 
11 |  | 
Mengomentari
  tanggapan orang lain terhadap presentasi 
  hasil
  penelitian   | 
2 | 
Pebruari | 
| 
12 | 
Memahami ragam wacana tulis
  dengan membaca cepat dan membaca intensif | 
Membedakan
  fakta dan opini  pada editorial dengan
  membaca intensif | 
2 | 
Pebruari | 
| 
13 | 
Mengungkapkan
  in-formasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, 
  notulen rapat, dan    karya
  ilmiah  | 
Menulis
  notulen rapat sesuai dengan pola 
  penulisannya | 
2 | 
Maret  | 
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
BULAN | 
| 
14 | 
Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai
  ragam wacana lisan sastra melalui memba-has atau mendiskusi-kan isi cerita
  pendek dan puisi | 
Mendengarkan Pembacaan Cerpen dan Mendiskusikan Tema, Alur,
  Unsur, dan Menemukan Nilai-Nilainya. | 
4 | 
Maret  | 
| 
15 | 
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra
  dengan berbagai teknik membaca intensif (paragraf deduktif dan induktif),
  membacakan teks berita, dan membaca cepat teks. | 
Menggunakan
  Berbagai Makna dan Hubungan Makna | 
2 | 
Maret | 
| 
16 | 
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar  | 
1.  
  Merangkum isi pem-bicaraan dalam suatu diskusi atau
  seminar  
2.  
  Mengomentari pen-dapat seseorang dalam
  suatu diskusi atau seminar        | 
4 | 
Maret | 
| 
17 | 
Menyampaikan
  laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar. | 
Mengomentari
  tangga-pan orang lain terhadap presentasi 
  hasil
  penelitian. | 
4 | 
Maret | 
| 
18 | 
Memahami ragam wacana tulis
  dengan membaca cepat dan membaca intensif 
   | 
1.  
  Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit  
2.  
  Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif    | 
4 | 
April  | 
| 
19 | 
Mengungkapkan informasi
  dalam bentuk rangkuman/ ringkasan, 
  notulen rapat, dan    karya ilmiah
   | 
Menulis
  karya ilmiah seperti hasil peng-amatan, dan penelitian. | 
2 | 
April | 
| 
20 | 
Memahami
  buku biografi, novel, dan hikayat. | 
Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh  . | 
2 | 
April | 
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
BULAN | ||||
| 
21 | 
Mampu membaca dan memahami berbagai
  teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensaif (paragraf deduktif dan
  induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks. | 
Memahami
  Kalimat yang Ambigu. | 
2 | 
Mei  | ||||
| 
22 | 
Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar | 
1.     Merangkum isi pembicaraan dalam suatu
  diskusi atau seminar 
2.     Mengomentari
  pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | 
4 | 
Mei  | ||||
| 
23 | 
Menyampaikan laporan hasil
  penelitian dalam diskusi atau seminar. | 
Mempresentasikan
  hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. | 
2 | 
Mei  | ||||
| 
24 | 
Memahami ragam wacana tulis
  dengan membaca cepat dan membaca intensif 
   | 
Menentukan kalimat kesimpulan (ide
  pokok)  dari berbagai pola paragraf
  induksi, deduksi dengan membaca intensif | 
4 | 
Juni  | ||||
| 
25 | 
Mengungkapkan informasi
  dalam bentuk rangkuman/ringkasan, 
  notulen rapat, dan    karya
  ilmiah  | 
Menulis karya ilmiah seperti
  hasil pengamatan, dan penelitian | ||||||
| 
26 | 
Menulis
  naskah  drama    | 
1.      
  Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama    
2.      
  Menarasikan pe-ngalaman manusia 
  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama | 
4 | 
Juni | ||||
| 
27 | 
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra
  dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensaif (paragraf deduktif
  dan induktif), membacakan teks berita, dan membaca cepat teks. | 
Menggunakan Ungkapan dan
  Peribahasa | ||||||
| 
Diketahui oleh 
Kepala Sekolah, 
................................................ 
NIP. ..................................... |  | 
Serang, Juli 2011 
Guru Mata Pelajaran, 
Aosin Suwadi, S.Pd., M.
  Si 
NIP 196106051983051009 | ||||||
 

 
 
 


0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !