Headlines News :
Home » » Pengertian Musikalisasi puisi

Pengertian Musikalisasi puisi

Diposting Oleh aosin suwadi pada Kamis, 06 November 2014 | 13.15

Pengertian Musikalisasi puisi
https://www.google.com

Tulisan ini disajikan merupakan salah satu upaya untuk menjawan kesimpangsiuran dalam memahami pengertian musikalisasi puisi. Ada beberapa pendapat yang berkembang dalam mengartikan puisi. Musikalisasi puisi adalah puisi yang diiringi musik selama dibacaan. Selain itu ada juga yang memahami bahwa musikalisasi puisi adalah puisi yang diselingi dengan musik. Dan ada juga yang berpendapat musikaisasi puisi yang dipadukan dengan musik.
Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinanyikan. Musikalisasi puisi merupakan kolabolasi antara sastra dengan musik. Puisi yang biasa dibacakan atau diucapkan dengan intonasi, sedangkan musikalisasi puisi dibacakan atau diucapkan dengan nada dan diiringi dengan musik.  Musikalisasi puisi merupakan upaya untuk menampilkan puisi dengan cara memasukkan unsur musik secara dominan. perpaduan atau kolaborasi puisi dengan musik ini bertujuannya agar pendengar atau apresian lebih memahami maksud yang terkandung dalam puisi. Dengan kolaborasi ini juga diharapkan agar apresian yang tidak memahami isi atau maksud yang terkandung dalam puisi menjadi paham.
Para penggagas atau pencetus tentang musikalisasi puisi ini, seharusnya memberikan definisi yang jelas dan tegas, agar tidak menimbulkan pemahaman yang ambigu. Pengertian yang mengatakan bahwa musikalisasi puisi adalah puisi dibacakan atau diucapkan dengan nada dan diiringi dengan musik, masih belum tegas. Pengertian ini masih mengandung tanda tanya. Apa bedanya dengan lagu yang juga mengucapkan kata-kata puitis dengan nada dan diiringi musik.
Para pembaca yang budiman! Mohon maaf penulis tidak dapat memberikan definisi yang final tentang apa itu musiklisasi puisi. Sejujurnya penulis sendiri sedang berusaha untuk memahami lebih jelas lagi tentang pengertian ini. Untuk itu kapada para pembaca  diharapkan untuk dapat mengapresiasi sekaligus juga memberi sumbangan pemecahan masalah ini.
Terima kasih Anda telah mampir di tulisan ini.
Share this article :

2 komentar:

  1. bagi yang ingin contoh musikalisasi bisa lihat disini

    BalasHapus
  2. Ia bener kang,makanya saya brosing juga bingung. Apa bedanya kan dengan lagu.
    Apa memang musikalisasi puisi adalah karya puisi yang di jadikan lagu.

    BalasHapus

Content yang Anda baca semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar.

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bahasa dan Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aosin Suwadi