Headlines News :
Home » » Perilaku Remaja Dulu dengan Sekarang

Perilaku Remaja Dulu dengan Sekarang

Diposting Oleh aosin suwadi pada Rabu, 13 Desember 2017 | 21.55

Perilaku Remaja Dulu dengan Sekarang
Oleh: Idah Faridah
Kelas XII IPA 1 SMAN 6 Kota Serang 2017/2018



Remaja pada umumnya merupakan masa peralihan antara masa anak dengan masa dewasa. Secara psikologi remaja adalah suatu periode transisi dari akhir anak-anak ke masa dewasa, yang memasuki usia 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Dalam masa ini remaja mengalami perubahan fisik yang cepet, yang meliputi perubahan bentuk tubuh, pertambahan berat dan tinggi badan, dan perkembangan karakteristik seksual.

Selanjutnya remaja dibagi menjadi beberapa masa.  Pertama masa pra pubertas. Masa ini adalah masa peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas, dimana seorang anak yang telah relatif  besar, sudah ingin berlaku seperti orang dewasa tetapi dirinya belum siap. Kedua dalam masa pubertas, pada masa ini seorang anak tidak lagi ditentukan oleh orang tua tetapi juga anak mulai mencapai kegiatan dalam rangka menemukan kebutuhan dirinya, serta mencari pedoman hidup untuk bekal kehidupannya kelak. Dan yang terakhir adalah masa adolesenn (ank remaja belum dewasa). P ada masa ini seseorang sudah dapat mengetahui kondisi dirinya serta sudah mulai memilih dan menentukan jalan hidup yang hendak dijalaninya.
Remaja zaman sekarang sangatlah berbeda dengan zaman dahulu serta mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut bisa baik maupun buruk. Berbicara tentang zaman dahulu bukan berarti zaman sebelum masehi tetapi zaman tahun 70-80-an. Kita harus bangga dengan perilakuremaja zaman dahulu dibandingkan dengan perilaku remaja zaman sekarang yang sangat memprihatinkan.
Salah satu faktor yang membawa pengaruh terhadap sikap remaja masa kini yaitu pengaruh orang lain dan lingkungan. Seiring dengan perkembangan teknologi perilaku orang juga banyak berubah. Pada masa remaja terjadi perubahan tingkah laku. Kita bisa lihat remaja zaman dahulu mempunyai tingkah laku yang baik. Sebaliknya remaja zaman era globalisasi ini secara umum tingkah laku cenderung kurang bahkan tidak baik. Gaya hidup pun berubah, baik gaya berpakaian dan gaya bahasa. Gaya berpakaian pun mulai meniru artis-artis luar negeri seperti: Korea, Jepang atau idolanya. Banyak remaja wanita yang berpakaian seksi dan serba terbuka ketika berpergian.
Remaja zaman dahulu jika bepergian ke suatu tempat atau suatu acara mereka berpenampilan dan pakaian sederhana, tapi mengutamakan kesopanan. Tutur kata remaja pada zaman dahulu pun bisa dikatakan sangat santun, terlebih lagi berbicara dengan orang yang lebih tua. Sedangkan tutur kata remaja zaman sekarang sangat memprihatinkan, tidak bias membedakan penggunaan bahasa sesuai dengan lawan bicaranya. Dengan anak-anak, dengan teman sebaya, dengan senior, dan dengan orang tua, penggunaannya bahasanya nyaris sama.. Contohnya : Gue, lho, dan lain-lain. Gaya bicara remaja zaman sekarang bisa dikatakan kurang sopan dibandingkan dengan remaja zaman dahulu. Bahkan kadang terkesan manja dan dibuat-buat. Jika kita amati bersama, perbedaan mendasar remaja zaman dahulu dengan zaman sekarang adalah teknologi. Apabila dibandingkan zaman dahulu perkembangan teknologi belum pesat. Seharusnya kita yang membawa zaman, bukannya zaman yang membawa kita.

Demikian kajian bahasa secara sederhana ini disajikan, terima kasih atas aapresiasinya. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bahasa dan Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aosin Suwadi