SOAL ULANGAN HARIAN (UH)
MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA KELAS XII (DUA BELAS)
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Pemerintah melalui Mendiknas,
menyiapkan penanganan jangka pendek untuk memulihkan proses pendidikan di
daerah bencana dengan membangun sekolah-sekolah berasrama atau pesantren.
Selain itu pemerintah juga mendirikan sekolah tenda di daerah-daerah pengungsian.
Karena guru-guru banyak yang meninggal akibat bencana, pemerintah menugaskan
3000 orang guru bantu yang kebetulan telah dikontrak pada akhir tahun 2004.
...
1.
Ide
pokok paragraf di atas
adalah ….
a.
Memulihkan
proses pendidikan di daerah bencana.
b.
Membangun
sekolah-sekolah berasrama atau pesantren.
c.
Penanganan
jangka pendek untuk memulihkan proses pendidikan.
d.
Pemerintah
mendirikan sekolah tenda di daerah-daerah pengungsian.
e.
Pemerintah
menugaskan 3000 orang guru bantu.
Untuk nomor 2 dan 3
Pada
bulan Mei 2006 pemerintah meluncurkan situs pendidikan Think.com untuk menggantikan proses belajar tatap muka dengan media
kertas, dengan menggunakan internet. Dengan diluncurkannya program ini
diharapkan agar pengetahuan para siswa sejajar dengan siswa di belahan dunia
lain. Program ini baru dilaksanakan di tiga sekolah di Jakarta sebagai pilot project. Hal ini dilakukan diantaranya bertujuan untuk
mengkaji kelebihan dan kelemahan
2.
Maksud
yang terdapat dalam kutipan artikel di atas adalah ….
a.
Pemerintah
mengujicobakan
proses belajar dengan media internet.
b.
Pemerintah
mau meningkatkan penggunaan teknologi computer.
c.
Pemerintah
mau menyamakan pengetahuan siswa Indonesia dengan bangsa lain.
d.
Pemerintah
mau meningkatkan mutu pendidikan untuk wilayah Jakarta.
e. Pemerintah mau memberi bantuan sarana computer.
3. Tanggapan
yang sesuai dengan kutipan teks di atas, adalah ….
a.
Saya
setuju dengan program Think.com
ini karena sudah jelas kelebihannya dibandingkan dengan cara belajar tatap
muka.
b.
Program
Think.com tidak perlu dilaksanakan di
Indonesia karena lebih banyak negatifnya.
c.
Saya
tidak setuju program Think.com dilakukan karena tidak ada manfaatnya.
d.
Proses
belajar dengan situs Think.com memang
memudahkan, akan tetapi tentu saja harus dikaji terlebih dahulu dampak positif
dan negatifnya.
e. Kita tidak perlu menggantikan proses belajar mengajar dengan cara-cara yang aneh-aneh.
Untuk nomor 4 dan 5
(1) Di
kampung Batu lingga desa Sidamukti kecamatan Baros, terdapat 5 patok batu. (2)
Menurut saur sepuh atau cerita orang tua patok batu itu berasal dari patok kayu
yang digunakan untuk mengikat ayam sebelum dan sesudah bertanding. (3) Dahulu
kerajaan baduy dan kesultanan banten pernah mgadu kekuatan dengan menggunakan masing-masing
kesaktiannya lewat sabung ayam. (4) Siapa yang kalah dalam pertandingan itu,
harus tunduk kepada yang menang. (5) Belanda menjajah bangsa kita kurang lebih
350 tahun, tapi suku Baduy ini tidak terpengarruh oleh penjajah Belanda. (6) Itulah sekilas gambara
tentang asal usul nama kampung “Batu Lingga”.
4.
Ide pokok paragraf di atas adalah ....
a. menaruhkan
kekuasaan lewat sabung ayam
b. lamanya
Belanda menjajah
c. patok
batu yang berasal dari patok kayu
d. asal
usul kampung Batu Lingga
e. suku
Baduy tidak pernah terpengaruh oleh kekuasaan penjajah
5.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf di atas
adalah kalimat ....
a. (1) b.
(2). c
(3). d. (4) e. (5)
6.
PU : ….
PK : Muhdi adalah orang
Islam.
K : Muhdi wajib melaksanakan salat lima
waktu.
Proposisi
yang tepat untuk mengisi
PU di atas adalah ….
a.
Muhdi
adalah orang yang rajin salat
b.
Setiap
orang Islam pasti rajin salat
c.
Setiap
orang yang rajin salat pasti seperti Muhdi
d.
Setiap
orang Islam wajib melaksanakan salat lima waktu.
e.
Muhdi
adalah orang Islam krena itu dia wajib salat
7.
Berikut ini adalah kalimat yang merupakan contoh
silogisme entimen yang salah, kecuali....
a.
Setiap manusia adalah bernafas karena makhluk hidup
b.
Setiap yang bernafas adalah makhluk hidup, karena manusia
hewan, dan tumbuhan.
c.
Manusia membutuhkan hidup karena makan
d.
Setiap manusia membutuhkan makan untuk hidup
e.
Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan makan, karena
makhluk hidup
8.
Berikut
ini adalah frasa yang menjelaskan tentang resensi, kecuali….
a.
penawaran buku b. pembahasan buku c. timbangan buku d. pembicaraan
tentang buku e. ulasan buku
9.
Berikut
ini yang tidak termasuk dalam resensi, yaitu ….
a.
Harga
buku b. Judul buku c. Jumlah halaman
c.
Penulis buku e. Ketebalan kertas
Karena
ketidakmampuannya, dia tidak dapat menyelesaikan tugas.
10. Dalam kajian morfologi, perkataan “ketidakmampuannya” dalam
kalimat di atas merupakan
....
a. Prefiks b.
konfiks c. infiks d. sufiks
e. enklitiks
11.
Berikut
ini adalah kalimat yang menggunakan prefiks “ter”, kecuali ….
a.
Karena
tertarik dengan kombinasi warnanya, dia membeli baju itu.
b.
Keterpurukannya
itu telah membawa dirinya ke dalam dunia
hitam.
c. Karena asyik menonton konser, tidak terasa hari
telah larut malam.
d. Jika
tidak melihat atau mendengar sesuatu yang sangan lucu, dia tidak pernah
tertawa.
e. Orang itu berteriak meminta tolong, kerika
tasnya ada yang merampas.
Untuk
nomor 12 dan 13
...
(1) Dua
kali ia tidak datang bulan. (2) Ia
tak lupa bisikannya “minumlah seduan bunga srigading. (3) Bunganya berwarna
putih dan berbentuk datar seperti payung. (4) Batangnya
sebesar lidi enau. (5) Terserah
Yang Mulya hendak menggugurkan atau tidak.”
...
12.
Pernyataan
yang bertujuan mencitrakan sesuatu dalam paragraf di atas, terdapat pada
kalimat ke.....
a.
(1 dan 2) b. (2 dan 3) c. (3 dan 4)
d. (4 dan 5) e. (1 dan 5)
13.
Watak tokoh dalam kutipan di atas dideskripsikan dalam
kalimat….
a.
(1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)
14.
Penulisan
kalimat yang baku dan sesuai dengan kaidah berikut ini adalah, kecuali….
a. Karena
ketidak sengajaan memecahkan gelas,
tangannya terluka.
b. Budi bangun kesiangan karena habis menonton TV semalam
suntuk.
c. Anak kecil itu berjalan melewati kerumunan orang dewasa
mengucapkan kata “punten” dengan
dialek bahasa daerah Sunda.
d. Pelamar pekerjaan itu diminta menyerahkan ijazah yang sudah
dilegalisir.
e. Petinju itu sedang menjajal kekuatannya di dalam ring
tinju profesional.
Untuk nomor
15
Hardi : “Har, aku
sudah sampaikan bahwa aku suka
kepadanya, bahkan aku sempat mengucapkan
kata-kata pujian untuknya”.
Kohar : “Bukankah
sudah kukatakan, dia itu tidak
suka
dipuji, apa lagi jika pujiannya berlebihan”.
Hardi : “....”
Kohar : “Dia suka
akan kejujuran, jadi jika kamu memuji atau
merayu, menurutnya kamu tidak jujur”.
...
15.
Kalimat yang tepat untuk mengisi dialog yang rumpang di
atas adalah ....
a“Apa yang harus kutanyakan?”
b. Terus, aku harus ngomong apa?
c “Katakan apa adanya tentang dia”.
d. “Apa dia tidak suka kepadaku?
e. “Terus mengapa dia tidak suka kepadaku?”
Untuk nomor
16 dan 17
(1) “Kamu harus bisa memilih kegiatan apa saja yang penting dan berguna
untuk masa depanmu”. (2) Nasihat pak Budi kepada anaknya. (3) “Tapi Pak.. Geri kan
berhasil menjadi juara satu tingkat ...”. (4) Bantah Geri. (5) “Iya... Bapak
bangga dengan prestasimu di bidang non akademik, tapi coba lihat nilai
akademikmu”. (6) Sela pak Budi tanpa menunggu Geri selesai berbicara. (7) “Iya
Pak”. (8) Geri menunduk tanda memahami dan menerima nasihat bapaknya. (9) Walaupun
Bapak bukan orang kaya, tapi Bapak ingin melihat masa depanmu kamu sukses. (10)
Jangankan Cuma uang ratus ribuan, seluruh harta, bahkan nyawa rela bapak korbankan demi
kesuksesan anak Bapak.16. Majas pada kalimat ke-5 dalam paragraf di atas, tergolong majas ....
a. ironi b. inversi c. Elipsis d. metafora e. hiperbola
17. Dalam kalimat ke-10 pada paragraf di atas terdapat majas ....
a. inversi b. elipsis c. klimaks d. Anti klimaks e. ironi
18. Perbaikan kalimat nomor 3 agar menjadi efektif adalah ....
a. Kegiatan penambangan pasir ilegal itu mengancam daripada penduduk di sekitarnya.
b. Selain mengancam kelestarian lingkungan, kegiatan itu juga mengancam keselamatan jiwa penduduk di
sekitarnya.
c. Kegiatan penambangan pasir itu mengancam daripada penduduk di sekitarnya.
d. Kegiatan penambangan pasir mengancam keselamatan penduduk di sekitarnya.
e. Kegiatan penambangan pasir ilegal itu mengancam keselamatan jiwa daripada penduduk.
Untuk nomo 19 dan 20
Sejak puluhan tahun Jupran menekuni usaha membuat kopra. Usahanya ini .... dari orang tuanya. Akhir-akhir ini usahanya mengalami kemunduran, karena terdesak oleh industri-industri modern. Jupran selalu mendidik dan .... anaknya agar kelak bisa .... usahanya.
19. Yang dimaksud dengan perkataan “kopra” dalam paragraf di atas adalah ....
a. buah pisang yang dikeringkan dengan cara dijemur.
b. jenis makanan yang berkuah.
c. daging kelapa yang dikeringkan dengan cara digarang.
d. mkanan yang dibuat dari kelapa muda.
e. minuman yang dibuat dari air kelapa muda.
1.
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi paragraf yang
rumpang di atas adalah ....
a. diwarisi, dilatih, dilanjutkan
b. diwarisi, terlatih, melanjutkan
c. diwarisi, melatih, melanjutkan
d. mewarisi, pelatih, dilanjutkan
e. diwariskan, melatih, kelanjutan
Salah satu versi cerita menurut
Ahmad Almawardi, sekitar abad ke-16 penjajah Belanda bersandar di pelabuhan
Karangantu, Serang. Mereka ingin menjajah, mengambil dokumen dan harta kekayaan
Banten. Masyarakat Banten tidak ada
yang terima dengan niat Belanda.
Ki Angga Derpa menyelamatkan
dokumen dan harta kekayaan tersebut. "Ki Angga mencabut pohon beringin
bertempurung berisi 2 macan jantan,
betina dan anaknya. Pohon beringin
dibawa ke kerumunan Belanda. Begitu di taruh, macan keluar. Belanda
kucar-kacir,". Kata Ahmad.
Belanda marah Ki Angga Derpa ditangkap di kampung Aon (sekarang Drangong) lalu dihukum dan ditinggalkan di
dalam kapal beserta dokumennya. Kapal tersebut terbawa air sampai daerah Curug yang jauh dari pesisir.
Ki Angga Derpa memukulkan cambuk ke kapal, sambil berkata "Kapal, sira
dicambuk bosok salawase (kapal, kamu dicambuk busuk selamanya)." Kata Ahmad yang diterimanya secara turun temurun.
Kini lokasi kapal bosok
menjadi terkenal setelah beberpa tahun lalu 17
santri pesantren Darul Salam membangun masjid berbentuk kapal. Mereka membangun masjid dengan bentuk mengikuti jalan
cerita dari kapal bosok.
Tugas
Ambillah ide pokok dari
setiap paragraf kutipan cerita di atas, kemudian susun kembali menjadi satu
kalimat atau satu paragraf!
|
................................................................................................
..................................
As claimed by Stanford Medical, It is in fact the SINGLE reason women in this country live 10 years more and weigh 19 kilos lighter than us.
BalasHapus(And really, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret diet and EVERYTHING related to "HOW" they eat.)
P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...
TAP this link to reveal if this brief questionnaire can help you unlock your true weight loss potential