Headlines News :
Home » » Contoh Analisis dan Pengolahan Data

Contoh Analisis dan Pengolahan Data

Diposting Oleh aosin suwadi pada Kamis, 16 Oktober 2014 | 11.00


1.     Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP ...... Tahun Pelajaran 2012/2013
2.     Masalah :         
a.      Bagaimana efektivitas kegiatan belajar menulis karangan deskriptif  siswa kelas VIII SMP .... tahun pelajaran 2012/2013 ?
b.     Bagaimana hasil kegiatan belajar menulis karangan deskriptif  siswa kelas VIII SMP .... tahun pelajaran 2012/2013 ?
A.     Hasil  Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Pra Siklus
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG SKOR
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.












b.         
Motivasi siswa untuk bertanya












c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan












d.         
Konsentrasi waktu belajar











2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas












b.         
Kejelasan bahasa












c.         
Memberikan contoh dan analogi












d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya











JUMLAH












RATA-RATA

KUALITATIF A/B/C/D/E
C  (                         )

KETERANGAN

RENTANG KRITERIA EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN  MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF

Perolehan Skor
X
100
=
..............

NO
RENTANG NILAI
KRITERIA
KETERANGAN

Skor Ideal
1.         
80,01  -  100,00
A
Sangat efektif








2.         
60,01  -  80,00
B
Efektif

80
X
100
=
100

3.         
40,01  -  60,00
C
Cukup efektif

80

4.         
20,01  -  40,00
D
Kurang efektif








5.         
00,00  -  20,00
E
Tidak efektif

B.    Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Pra Siklus
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah






2
Ade Burhan






3
Dani






4
Darmi






5
Fahri






6
Gugun






7
Hudaifah






8
Iin Inayah






9
Yuyu Yuliani






JUMLAH






RATA-RATA






NILAI TERTINGGI






NILAI TERENDAH















Keterangan :
















Rentang nilai isi

 =  30  -  100




Rentang nilai sistematik
 =  30  -  100




Rentang nilai kebahasaan
 =  30  -  100




Skor Ideal

300













PEROLEHAN SKOR
X    100   =
NILAI




SKOR IDEAL




C.    Instrumen Penilaian Karangan Deskriptif
Kembankan judul karangan “ Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot” dengan krangka sebagai berikut :
1.     Penyelenggara kegiatan
2.     Kegiatan yang dilombakan
3.     Kejuaraan  dan hadiah lomba
Contoh sederhana menilai karangan deskriptif
Nama      :  Fahri
Kelas       :  VIII
Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot
Telah menjadi kabiasaan bahwa setiap selesai ulangan semester, selalu diselenggarakan kegiatan atau perlombaan-perlombaan, yang disebut “clas metting”. Karena semua guru sedang sibuk mengoreksi nilai untuk dimasukkan ke dalam rapot, maka pembina OSIS menugaskan kepada ketua OSIS dan jajarannya untuk menyelenggarakan kegiatan ini.
Dalam kegiatan tersebut dilombakan beberapa cabang olah raga dan kesenian. Setiap cabang dalam kegiatan ini diikuti oleh masing-masing utusan dari tiap kelas. Berbeda dengan kegiatan belajar dan ulangan di kelas, dalam kegiatan lomba ini hampir semua peserta termotivasi untuk memenangkan lomba. Semua siswa yang tidak ikut dalam kegiatan menghadiri kegiatan ini.
Para siswa bersorak gembira ketika Pembina OSIS mengumumkan hasil lomba. Akan tetapi kemudian merka menjadi diam setelah dipsesilakan memasuki ruangan kelas untuk menerima rapot, yang akan diserahkan kepada orang tua atau wali murid masing-masing.
RUBRIK PENILAIAN MENULIS KARANGAN DESKRIPRIF
NO
KOMPONEN
RENTANG PENILAIAN
A
Isi




1
Isi karangan sesuai
71
-
100

2
Isi karangan kukrang sesuai
36
-
70

3
Isi karangan tidak sesuai
0
-
35
B
Sitematik




1
Karangan ditulis secara sistematis
71
-
100

2
Karangan ditulis kurang sistematis
36
-
70

3
Karangan ditulis tidak sistematis
0
-
35
C
Kaidah

-


1
Penulisan sesuai dengan kaidah
71
-
100

2
Penulisan kuran sesuai dengan kaidah
36
-
70

3
Penulisan kuran tidak dengan kaidah
0
-
35
SKOR IDEAL


300












D.    Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus I
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG NILAI
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.












b.         
Motivasi siswa untuk bertanya












c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan












d.         
Konsentrasi waktu belajar











2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas












b.         
Kejelasan bahasa












c.         
Memberikan contoh dan analogi












d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya











JUMLAH












RATA-RATA

KUALITATIF A/B/C/D/E
B  (                           )

E.    Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus I
Setelah dilakukan perbaikan pada rencana dan proses pembelajaran diperoleh nilai sebagai berikut.
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah






Rentang nilai isi
30-100
Rentang nilai sistematik
30-100
Rentang nilai kebahasaan
30-100
Skor Ideal
300

PEROLEHAN SKOR
X
100
N
SKOR IDEAL

300
X
100
=
100
300
2
Ade Burhan





3
Dani





4
Darmi





5
Fahri





6
Gugun





7
Hudaifah





8
Iin Inayah





9
Yuyu Yuliani





JUMLAH





RATA-RATA





NILAI TERTINGGI





NILAI TERENDAH











F.     Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus II
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG NILAI
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.












b.         
Motivasi siswa untuk bertanya












c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan












d.         
Konsentrasi waktu belajar











2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas












b.         
Kejelasan bahasa












c.         
Memberikan contoh dan analogi












d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya











JUMLAH












RATA-RATA

KUALITATIF A/B/C/D/E
B  (                           )


G.      Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus II
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah







2
Ade Burhan






Rentang nilai isi
30-100


3
Dani






Rentang nilai sistematik
30-100


4
Darmi






Rentang nilai kebahasaan
30-100


5
Fahri






Skor Ideal
300


6
Gugun







7
Hudaifah






PEROLEHAN SKOR
X
100
N
N
8
Iin Inayah






SKOR IDEAL
9
Yuyu Yuliani







JUMLAH






300
X
100
=
100
RATA-RATA






300
NILAI TERTINGGI







NILAI TERENDAH









H.      Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus III
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG NILAI
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.












b.         
Motivasi siswa untuk bertanya












c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan












d.         
Konsentrasi waktu belajar











2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas












b.         
Kejelasan bahasa












c.         
Memberikan contoh dan analogi












d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya











JUMLAH












RATA-RATA

KUALITATIF A/B/C/D/E
B (                            )








































I.        Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus III
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah







2
Ade Burhan






Rentang nilai isi
30-100


3
Dani






Rentang nilai sistematik
30-100


4
Darmi






Rentang nilai kebahasaan
30-100


5
Fahri






Skor Ideal
300


6
Gugun







7
Hudaifah






PEROLEHAN SKOR
X
100
=
N
8
Iin Inayah






SKOR IDEAL
9
Yuyu Yuliani







JUMLAH






300
X
100
=
100
RATA-RATA






300
NILAI TERTINGGI







NILAI TERENDAH









J.        Grafik Peningkatan Efektivitas Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi
Peningkatan Efektivitas Kegiatan Belajar

90
































80
































70
































60
































50
































40
































30
































20
































10


















































PRA SIKLUS
SIKLUS I
SIKLUS II
SIKLUS III
















Hasil Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi

90
































80
































70
































60
































50
































40
































30
































20
































10


















































PRA SIKLUS
SIKLUS I
SIKLUS II
SIKLUS III



















<!--[if gte mso 10]>
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bahasa dan Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aosin Suwadi