1. Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP ...... Tahun Pelajaran 2012/2013
2. Masalah :
a. Bagaimana efektivitas kegiatan belajar menulis karangan deskriptif siswa kelas VIII SMP .... tahun pelajaran 2012/2013 ?
b. Bagaimana hasil kegiatan belajar menulis karangan deskriptif siswa kelas VIII SMP .... tahun pelajaran 2012/2013 ?
A. Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Pra Siklus
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG SKOR
|
KET.
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
| |
1
|
Aktivitas siswa
| ||||||||||||
a.
|
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.
| ||||||||||||
b.
|
Motivasi siswa untuk bertanya
| ||||||||||||
c.
|
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan
| ||||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
| ||||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
| ||||||||||||
a.
|
Penguasaan kelas
| ||||||||||||
b.
|
Kejelasan bahasa
| ||||||||||||
c.
|
Memberikan contoh dan analogi
| ||||||||||||
d.
|
Memberikan kesempatan untuk bertanya
| ||||||||||||
JUMLAH
| |||||||||||||
RATA-RATA
| |||||||||||||
KUALITATIF A/B/C/D/E
|
C ( )
|
KETERANGAN
|
RENTANG KRITERIA EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF
| ||||||||||
Perolehan Skor
|
X
|
100
|
=
|
..............
|
NO
|
RENTANG NILAI
|
KRITERIA
|
KETERANGAN
| |||
Skor Ideal
|
1.
|
80,01 - 100,00
|
A
|
Sangat efektif
| |||||||
2.
|
60,01 - 80,00
|
B
|
Efektif
| ||||||||
80
|
X
|
100
|
=
|
100
|
3.
|
40,01 - 60,00
|
C
|
Cukup efektif
| |||
80
|
4.
|
20,01 - 40,00
|
D
|
Kurang efektif
| |||||||
5.
|
00,00 - 20,00
|
E
|
Tidak efektif
|
B. Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Pra Siklus
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
| |||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
| ||||||
1
|
Asmanah
| |||||||
2
|
Ade Burhan
| |||||||
3
|
Dani
| |||||||
4
|
Darmi
| |||||||
5
|
Fahri
| |||||||
6
|
Gugun
| |||||||
7
|
Hudaifah
| |||||||
8
|
Iin Inayah
| |||||||
9
|
Yuyu Yuliani
| |||||||
JUMLAH
| ||||||||
RATA-RATA
| ||||||||
NILAI TERTINGGI
| ||||||||
NILAI TERENDAH
| ||||||||
Keterangan :
| ||||||||
Rentang nilai isi
|
= 30 - 100
| |||||||
Rentang nilai sistematik
|
= 30 - 100
| |||||||
Rentang nilai kebahasaan
|
= 30 - 100
| |||||||
Skor Ideal
|
300
| |||||||
PEROLEHAN SKOR
|
X 100 =
|
NILAI
| ||||||
SKOR IDEAL
|
C. Instrumen Penilaian Karangan Deskriptif
Kembankan judul karangan “ Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot” dengan krangka sebagai berikut :
1. Penyelenggara kegiatan
2. Kegiatan yang dilombakan
3. Kejuaraan dan hadiah lomba
Contoh sederhana menilai karangan deskriptif
Nama : Fahri
Kelas : VIII
Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot
Telah menjadi kabiasaan bahwa setiap selesai ulangan semester, selalu diselenggarakan kegiatan atau perlombaan-perlombaan, yang disebut “clas metting”. Karena semua guru sedang sibuk mengoreksi nilai untuk dimasukkan ke dalam rapot, maka pembina OSIS menugaskan kepada ketua OSIS dan jajarannya untuk menyelenggarakan kegiatan ini.
Dalam kegiatan tersebut dilombakan beberapa cabang olah raga dan kesenian. Setiap cabang dalam kegiatan ini diikuti oleh masing-masing utusan dari tiap kelas. Berbeda dengan kegiatan belajar dan ulangan di kelas, dalam kegiatan lomba ini hampir semua peserta termotivasi untuk memenangkan lomba. Semua siswa yang tidak ikut dalam kegiatan menghadiri kegiatan ini.
Para siswa bersorak gembira ketika Pembina OSIS mengumumkan hasil lomba. Akan tetapi kemudian merka menjadi diam setelah dipsesilakan memasuki ruangan kelas untuk menerima rapot, yang akan diserahkan kepada orang tua atau wali murid masing-masing.
RUBRIK PENILAIAN MENULIS KARANGAN DESKRIPRIF
NO
|
KOMPONEN
|
RENTANG PENILAIAN
| |||||
A
|
Isi
| ||||||
1
|
Isi karangan sesuai
|
71
|
-
|
100
| |||
2
|
Isi karangan kukrang sesuai
|
36
|
-
|
70
| |||
3
|
Isi karangan tidak sesuai
|
0
|
-
|
35
| |||
B
|
Sitematik
| ||||||
1
|
Karangan ditulis secara sistematis
|
71
|
-
|
100
| |||
2
|
Karangan ditulis kurang sistematis
|
36
|
-
|
70
| |||
3
|
Karangan ditulis tidak sistematis
|
0
|
-
|
35
| |||
C
|
Kaidah
|
-
| |||||
1
|
Penulisan sesuai dengan kaidah
|
71
|
-
|
100
| |||
2
|
Penulisan kuran sesuai dengan kaidah
|
36
|
-
|
70
| |||
3
|
Penulisan kuran tidak dengan kaidah
|
0
|
-
|
35
| |||
SKOR IDEAL
|
300
| ||||||
D. Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus I
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG NILAI
|
KET.
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| ||||
1
|
Aktivitas siswa
| ||||||||||||
a.
|
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.
| ||||||||||||
b.
|
Motivasi siswa untuk bertanya
| ||||||||||||
c.
|
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan
| ||||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
| ||||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
| ||||||||||||
a.
|
Penguasaan kelas
| ||||||||||||
b.
|
Kejelasan bahasa
| ||||||||||||
c.
|
Memberikan contoh dan analogi
| ||||||||||||
d.
|
Memberikan kesempatan untuk bertanya
| ||||||||||||
JUMLAH
| |||||||||||||
RATA-RATA
| |||||||||||||
KUALITATIF A/B/C/D/E
|
B ( )
|
E. Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus I
Setelah dilakukan perbaikan pada rencana dan proses pembelajaran diperoleh nilai sebagai berikut.
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
| |||||||||||||||||||||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
| ||||||||||||||||||||||||
1
|
Asmanah
|
| ||||||||||||||||||||||||
2
|
Ade Burhan
| |||||||||||||||||||||||||
3
|
Dani
| |||||||||||||||||||||||||
4
|
Darmi
| |||||||||||||||||||||||||
5
|
Fahri
| |||||||||||||||||||||||||
6
|
Gugun
| |||||||||||||||||||||||||
7
|
Hudaifah
| |||||||||||||||||||||||||
8
|
Iin Inayah
| |||||||||||||||||||||||||
9
|
Yuyu Yuliani
| |||||||||||||||||||||||||
JUMLAH
| ||||||||||||||||||||||||||
RATA-RATA
| ||||||||||||||||||||||||||
NILAI TERTINGGI
| ||||||||||||||||||||||||||
NILAI TERENDAH
|
F. Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus II
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG NILAI
|
KET.
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| ||||
1
|
Aktivitas siswa
| ||||||||||||
a.
|
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.
| ||||||||||||
b.
|
Motivasi siswa untuk bertanya
| ||||||||||||
c.
|
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan
| ||||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
| ||||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
| ||||||||||||
a.
|
Penguasaan kelas
| ||||||||||||
b.
|
Kejelasan bahasa
| ||||||||||||
c.
|
Memberikan contoh dan analogi
| ||||||||||||
d.
|
Memberikan kesempatan untuk bertanya
| ||||||||||||
JUMLAH
| |||||||||||||
RATA-RATA
| |||||||||||||
KUALITATIF A/B/C/D/E
|
B ( )
|
G. Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus II
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
| |||||||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
| ||||||||||
1
|
Asmanah
| |||||||||||
2
|
Ade Burhan
|
Rentang nilai isi
|
30-100
| |||||||||
3
|
Dani
|
Rentang nilai sistematik
|
30-100
| |||||||||
4
|
Darmi
|
Rentang nilai kebahasaan
|
30-100
| |||||||||
5
|
Fahri
|
Skor Ideal
|
300
| |||||||||
6
|
Gugun
| |||||||||||
7
|
Hudaifah
|
PEROLEHAN SKOR
|
X
|
100
|
N
|
N
| ||||||
8
|
Iin Inayah
|
SKOR IDEAL
| ||||||||||
9
|
Yuyu Yuliani
| |||||||||||
JUMLAH
|
300
|
X
|
100
|
=
|
100
| |||||||
RATA-RATA
|
300
| |||||||||||
NILAI TERTINGGI
| ||||||||||||
NILAI TERENDAH
|
H. Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus III
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG NILAI
|
KET.
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| ||||
1
|
Aktivitas siswa
| ||||||||||||
a.
|
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.
| ||||||||||||
b.
|
Motivasi siswa untuk bertanya
| ||||||||||||
c.
|
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan
| ||||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
| ||||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
| ||||||||||||
a.
|
Penguasaan kelas
| ||||||||||||
b.
|
Kejelasan bahasa
| ||||||||||||
c.
|
Memberikan contoh dan analogi
| ||||||||||||
d.
|
Memberikan kesempatan untuk bertanya
| ||||||||||||
JUMLAH
| |||||||||||||
RATA-RATA
| |||||||||||||
KUALITATIF A/B/C/D/E
|
B ( )
|
I. Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus III
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
| |||||||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
| ||||||||||
1
|
Asmanah
| |||||||||||
2
|
Ade Burhan
|
Rentang nilai isi
|
30-100
| |||||||||
3
|
Dani
|
Rentang nilai sistematik
|
30-100
| |||||||||
4
|
Darmi
|
Rentang nilai kebahasaan
|
30-100
| |||||||||
5
|
Fahri
|
Skor Ideal
|
300
| |||||||||
6
|
Gugun
| |||||||||||
7
|
Hudaifah
|
PEROLEHAN SKOR
|
X
|
100
|
=
|
N
| ||||||
8
|
Iin Inayah
|
SKOR IDEAL
| ||||||||||
9
|
Yuyu Yuliani
| |||||||||||
JUMLAH
|
300
|
X
|
100
|
=
|
100
| |||||||
RATA-RATA
|
300
| |||||||||||
NILAI TERTINGGI
| ||||||||||||
NILAI TERENDAH
|
J. Grafik Peningkatan Efektivitas Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi
Peningkatan Efektivitas Kegiatan Belajar
|
Hasil Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !