SILABUS
Nama Sekolah: SMA Negeri 6 Kota Serang
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: XII/1 (satu)
Standar Kompetens: Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
|
Laporan
· laporan kegiatan OSIS
· laporan kegiatan ekstrakurikuler
· laporan perjalanan
|
· Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
· Mencatat pokok-pokok isi laporan
· Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
· Menentukan kalimat yang berupa fakta
· Menentukan kalimat yang berupa opini
|
· Mencatat pokok-pokok isi laporan
· Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
· Menentukan kalimat yang berupa fakta
· Menentukan kalimat yang berupa opini
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· laporan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· teks laporan dari media cetak/ elektronik
· laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
|
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
|
Laporan
· laporan kegiatan OSIS
· laporan kegiatan ekstrakurikuler
|
· Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
· Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
· Memberikan saran untuk perbaikan laporan
|
· Mengemukakan kritik isi laporan
· Memberikan saran untuk perbaikan laporan
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· teks laporan dari media cetak/ elektronik
· laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat
|
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
a. diskusi
|
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
· ungkapan persetujuan atau penolakan
· penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.
|
· Melaksanakan diskusi
· Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
· Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
· Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
· Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
|
· Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis
· Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
· Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
· Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
|
Jenis Tagihan:
· praktik
· tugas individu
· tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
|
4
|
· buku yang terkait dengan diskusi
|
2.2 Menyam-paikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
|
Buku nonfiksi
· intisari buku
· penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
· hal-hal yang menarik dalam buku
· memberikan komentar
|
· Membaca buku nonfiksi *
· Menulis intisari buku
· Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
· Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
|
· Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
· Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
· Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· performansi
· format pengamatan
|
4
|
· buku nonfiksi
· tuturan langsung
|
3.Memahami artikel dan teks pidato
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
|
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
· ide pokok
· Masalah dalam artikel
· rangkuman artikel
· kalimat majemuk
· pola kalimat
|
· Membaca artikel
· Menemukan ide pokok tiap paragraf
· Merangkum isi seluruh artikel
· Mencari permasalahan dalam artikel
· Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
· Mengidentifikasi kalimat majemuk
|
· Menemukan ide pokok tiap paragraf
· Menemukan kalimat pendukung ide pokok
· Menemukan masalah dalam artikel
· Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
· Mengidentifikasi kalimat majemuk
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
|
4
|
· tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
· buku-buku penunjang
|
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
|
Naskah pidato
· Cara membacakan naskah pidato
· Cara menanggapi pembacaan teks pidato
|
· Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung
· Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi dan ekspresi yang tepat
· Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman
|
· Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
· Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
· Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
· Menanggapi pembacaan teks pidato
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
· pilihan ganda
· uraian bebas
|
6
|
· teks pidato
dari internet/ media cetak
· buku-buku
penunjang
|
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
|
Contoh surat lamaran
· unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· struktur surat lamaran pekerjaan
· penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
· Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
· Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
· Menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
· Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan EYD
|
· Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
· Menyusun surat lamaran pekerjaan
· Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· ulangan
· praktik
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
4
|
· buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
|
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
|
Contoh surat dinas
· unsur-unsur surat dinas
· struktur surat dinas
· penggunaan bahasa dalam surat dinas
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
· Membaca contoh surat dinas
· Mengidentifikasi struktur surat dinas (undangan rapat)
· Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
· Menulis surat undangan rapat kedinasan
· Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa
|
· Mengidentifikasi struktur surat dinas
· Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
· Menulis surat undangan
· Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
dan bahasa
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tes tertulis
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
4
|
· buku tentang surat-menyurat
|
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
|
Contoh laporan diskusi
· unsur-unsur laporan diskusi
|
· Membaca contoh laporan diskusi
· Mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam laporan hasil diskusi
· Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
· Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
· Mendiskusikan laporan diskusi
|
· Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
· Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
· Melengkapi laporan dengan lampiran
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
2
|
·laporan
diskusi
|
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
|
Resensi buku pengetahuan
· unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
|
· Membaca buku (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
· Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
· Mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur resensi yang ditulis teman
|
· Mencatat identitas buku
· Mendaftar pokok-pokok isi
· Mencatat keunggulan dari isi buku
· Mencatat kekurangan dari isi buku
· Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
· Mendiskusikan resensi yang telah dibuat
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku yang terkait dengan resensi
|
5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiata
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
|
Penggalan novel
· penangapan segi vokal
· intonasi
· penghayatan
|
· Mendengarkan pembacaan penggalan novel
· Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
|
· Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
· praktik
Bentuk Instrumen:
· performansi
· format pengamatan
|
4
|
· buku novel
· media setempat
· buku-buku penun-jang
|
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
|
Penggalan novel
|
· Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel yang dibacakan teman
· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik penggalan novel
|
· Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
· praktik
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku novel
· media setempat
· buku-buku penun-jang
|
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
· puisi lama (pantun)
· penanggapan pembacaan puisi dari segi:
· lafal
· intonasi
· ekspresi
|
· Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
· Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru
|
· Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
· Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
|
4
|
· buku kumpulan puisi lama
|
Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
· Puisi baru
· Mengomentari pembacaan puisi dari segi
|
· Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan
· Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
· Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
· Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
|
4
|
· buku kumpulan puisi baru/ media cetak/ elektronik
|
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
|
Puisi karya sendiri :
· tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
· cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
· makna puisi
|
· Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
· Menandai jeda puisi karya sendiri
· Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
· Menentukan makna puisi karya teman
· Mengomentari puisi karya teman
|
· Menandai jeda puisi karya sendiri
· Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
· lafal dan intonasi
· penghayatan
· mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
· Menentukan makna puisi karya teman
· Mengomentari puisi karya teman
|
Jenis Tagihan
· tugas individu
Bentuk Instrumen
· unjuk kerja
· pilihan ganda
|
4
|
· puisi karya sendiri
|
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
· Cerpen
· Unsur-unsur intrinsik cerpen :
· tema,
· latar,
· alur,
· penokohan/pesan
|
· Membaca cerpen
· Menceritakan kembali isi cerpen
· Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan) dengan data yang mendukung
· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
· Menceritakan kembali isi cerpen
· Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
Jenis Tagihan
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· kumpulan cerpen
· media cetak/ internet
· tape/ kaset
|
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
|
· buku kumpulan cerpen
· unsur-unsur resensi
· identitas buku
· kepengarangan
· kekurangan dan kelebihan isi buku
· bahasa pengarang, dll
|
· Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
· Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
· identitas buku
· kepengarangan
· kekurangan dan kelebihan isi buku
· bahasa pengarang, dll
· mendiskusikan resensi yang telah dibuat
|
· Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
· Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku kumpulan cerpen
|
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar).
|
· topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
· unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
|
· Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
· Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
· unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
· Menanggapi cerpen yang ditulis teman
|
· Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
· Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
· Menanggapi cerpen yang ditulis teman
|
Jenis Tagihan:
· tugas Individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku yang terkait dengan menulis cerpen
· buku yang terkait dengan menulis cerpen
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !