SILABUS 
Nama Sekolah:   SMA Negeri 6 Kota Serang
Mata Pelajaran:   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester:   XII/1 (satu)
Standar Kompetens:   Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan 
Kompetensi 
Dasar 
 |    
Materi 
Pembelajaran 
 |    
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |    
Indikator 
 |    
Penilaian 
 |    
Alokasi 
Waktu 
 |    
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |   
1.1    Membedakan    antara fakta dan opini  dari   berbagai laporan  lisan 
 |    
Laporan 
·   laporan kegiatan OSIS 
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler 
·   laporan perjalanan 
 |    
·     Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan    
·     Mencatat pokok-pokok isi laporan  
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)  
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta 
·     Menentukan kalimat yang berupa opini 
 |    
·     Mencatat pokok-pokok isi laporan 
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat) 
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta 
·     Menentukan kalimat yang berupa opini 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas kelompok  
·   laporan 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
·   jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·      teks laporan dari media cetak/   elektronik 
·      laporan kegiatan ekstrakuri-kuler   sekolah setempat 
 |   
1.2    Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan   kritik dan saran 
 |    
Laporan 
·   laporan kegiatan OSIS 
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler 
 |    
·           Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan  
·           Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis  
·           Memberikan saran untuk perbaikan laporan  
 |    
·      Mengemukakan kritik  isi laporan  
·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas kelompok 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
·   jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·      teks laporan dari media cetak/   elektronik 
·      laporan kegiatan ekstrakulrikuler   sekolah setempat 
 |   
2.      Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
a.        diskusi 
 |    
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk   show) 
·   ungkapan persetujuan atau penolakan  
·     penyambung antarkalimat: tambahan   pula, di samping itu, lagi pula, dll. 
 |    
·   Melaksanakan diskusi 
·     Mencatat siapa yang berbicara dan apa   pokok yang dibicarakan 
·      Mengajukan pertanyaan atau tanggapan   dengan menggunakan alasan yang logis. 
·      Mengemukakan persetujuan atau penolakan   pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis 
·       Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung   atau menentang pendapat pembicara  
 |    
·    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan   dengan menggunakan alasan yang logis 
·     Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis 
·     Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata   sambung dalam kalimat 
·     Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat   pembicara 
 |    
Jenis Tagihan:  
·   praktik 
·   tugas individu 
·   tugas kelompok 
Bentuk Instrumen: 
·   unjuk kerja 
·   format pengamatan 
 |    
4 
 |    
·   buku yang terkait dengan diskusi 
 |   
2.2  Menyam-paikan   intisari buku nonfiksi dengan   menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi 
 |    
Buku nonfiksi 
·   intisari buku 
·   penggunaan kalimat yang efektif dalam   diskusi 
·   hal-hal yang menarik dalam buku 
·   memberikan komentar 
 |    
·          Membaca buku nonfiksi * 
·          Menulis intisari buku 
·          Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang   efektif 
·          Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman  
 |    
·     Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku   nonfiksi 
·     Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh  
·     Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman 
 |    
Jenis Tagihan:  
·   tugas individu 
Bentuk Instrumen: 
·   performansi 
·   format pengamatan 
 |    
4 
 |    
·   buku nonfiksi 
·   tuturan langsung 
 |   
3.Memahami artikel dan teks pidato 
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
3.1    Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan   membaca intensif    
 |    
Artikel ilmiah   dalam media cetak atau elektronik (internet) 
·        ide pokok 
·        Masalah dalam artikel 
·        rangkuman artikel 
·        kalimat majemuk 
·        pola kalimat 
 |    
·     Membaca artikel  
·       Menemukan ide pokok  tiap paragraf  
·       Merangkum isi seluruh artikel  
·       Mencari permasalahan dalam artikel 
·       Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat 
·       Mengidentifikasi kalimat majemuk 
 |    
·      Menemukan ide pokok  tiap paragraf 
·     Menemukan kalimat pendukung ide pokok 
·     Menemukan masalah dalam artikel 
·     Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat 
·     Mengidentifikasi kalimat majemuk 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas individu 
·   tugas kelompok 
·   ulangan 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
 |    
4 
 |    
·   tuturan langsung artikel ilmiah dari   media cetak/ elektronik 
·   buku-buku penunjang  
 |   
3.2  Membaca nyaring teks   pidato dengan intonasi   yang tepat 
 |    
Naskah pidato  
·        Cara membacakan naskah pidato 
·        Cara menanggapi pembacaan teks pidato 
 |    
·     Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi   pendukung   
·     Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat  
·     Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman  
 |    
·     Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting   
·     Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung 
·     Membacakan teks pidato dengan    intonasi dan ekspresi yang tepat  
·     Menanggapi pembacaan teks pidato  
 |    
Jenis Tagihan: 
·       tugas individu 
Bentuk Instrumen: 
·           unjuk kerja 
·           format pengamatan 
·           pilihan ganda 
·           uraian bebas 
 |    
6 
 |    
·      teks pidato 
     dari   internet/ media cetak 
·   buku-buku   
      penunjang 
 |   
4.         Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi  
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
4.1  Menulis surat lamaran   pekerjaan berdasarkan   unsur-unsur dan struktur  
 |    
Contoh surat   lamaran 
· unsur-unsur surat lamaran pekerjaan 
· struktur surat lamaran pekerjaan 
· penggunaan bahasa dalam surat lamaran   pekerjaan 
· penggunaan EYD dalam penulisan surat   lamaran pekerjan 
 |    
·            Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif   sendiri 
·            Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan 
·            Menyusun surat lamaran  pekerjaan   berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri 
·            Memperbaiki surat  dari segi   struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan  EYD  
 |    
·       Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan    
·       Menyusun surat lamaran  pekerjaan  
·       Memperbaiki surat  dari segi   struktur, diksi, kejelasan kalimat,    dan penggunaanEYD 
 |    
Jenis Tagihan: 
·     tugas individu 
·     ulangan 
·     praktik 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
 |    
4 
 |    
·  buku yang berhubungan dengan   surat-menyurat 
 |   
4.2  Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang   baku 
 |    
Contoh surat dinas 
·         unsur-unsur surat dinas  
·         struktur surat dinas 
·         penggunaan bahasa dalam surat dinas 
·         penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan 
 |    
·     Membaca contoh surat dinas  
·     Mengidentifikasi struktur  surat    dinas (undangan rapat)  
·     Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat  
·       Menulis surat undangan rapat kedinasan 
·     Menyunting surat undangan rapat dengan   memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa 
 |    
·      Mengidentifikasi struktur    surat  dinas  
·      Menentukan komponen-komponen surat    undangan rapat 
·      Menulis surat undangan  
·      Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi, 
    dan bahasa 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas individu 
·   tes tertulis  
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
 |    
4 
 |    
·   buku tentang surat-menyurat 
 |   
4.3  Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar   hadir 
 |    
Contoh laporan   diskusi 
·       unsur-unsur laporan diskusi 
 |    
·   Membaca contoh laporan diskusi  
·     Mengidentifikasi unsur-unsur yang    terdapat dalam laporan hasil diskusi  
·     Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)  
·     Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta) 
·     Mendiskusikan laporan diskusi 
 |    
·       Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi 
·       Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)  
·       Melengkapi laporan dengan lampiran  
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas individu 
·   tugas kelompok 
·   ulangan 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
 |    
2 
 |    
·laporan     
      diskusi 
 |   
4.4  Menulis resensi buku   pengetahuan berdasarkan format baku 
 |    
Resensi buku   pengetahuan 
·       unsur-unsur resensi antara lain: 
1.         identitas buku 
2.         isi yang penting/menarik 
3.         bahasa pengarang 
4.         keunggulan 
5.         kelemahan 
6.         kesimpulan 
 |    
·   Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu   sendiri) yang akan diresensi dan         menulis intinya (di rumah)  
·       Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi   antara lain: 
1.        identitas buku 
2.        isi yang penting/menarik 
3.        bahasa pengarang 
4.        keunggulan 
5.        kelemahan 
6.        kesimpulan 
·   Mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur   resensi yang ditulis teman 
 |    
·       Mencatat identitas buku 
·       Mendaftar pokok-pokok isi 
·       Mencatat keunggulan dari isi buku 
·       Mencatat kekurangan dari isi buku 
·     Menulis resensi buku dengan   memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi  
·     Mendiskusikan resensi yang telah dibuat 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas individu 
·   ulangan 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
·   jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·      buku yang terkait dengan resensi 
 |   
5. Memahami pembacaan novel  
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiata 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
5.1  Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan   penghayatan    
 |    
Penggalan novel 
·      penangapan segi vokal 
·       intonasi 
·       penghayatan 
 |    
·   Mendengarkan pembacaan penggalan novel  
·   Menanggapi pembacaan penggalan novel   dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  
 |    
·      Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan   penghayatan 
 |    
Jenis Tagihan: 
·     tugas individu 
·     tugas kelompok 
·     ulangan 
·     praktik 
Bentuk Instrumen: 
·     performansi 
·     format pengamatan 
 |    
4 
 |    
·    buku novel 
·    media setempat 
·    buku-buku penun-jang 
 |   
5.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan   novel 
 |    
Penggalan novel 
 |    
·  Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra   (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam   penggalan novel  yang dibacakan teman  
·  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel  
 |    
·     Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik   dalam penggalan novel  yang dibacakan   teman 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas individu 
·   tugas kelompok 
·   ulangan 
·   praktik 
Bentuk Instrumen: 
·     uraian bebas 
·     pilihan ganda 
·     jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·    buku novel 
·    media setempat 
·    buku-buku penun-jang 
 |   
6.   Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi  
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
Menanggapi   pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 
 |    
·   puisi lama (pantun)  
·   penanggapan pembacaan puisi dari segi: 
·      lafal 
·      intonasi 
·      ekspresi 
 |    
·     Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama   (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai 
·     Menanggapi pembacaan puisi lama   (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 
·     Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan   masukkan dari teman atau guru  
 |    
·     Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama   (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai  
·      Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas   pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 
·     Menerapkan isi pantun dalam kehidupan   sehari-hari 
 |    
Jenis Tagihan: 
·     tugas individu 
Bentuk Instrumen: 
·     unjuk kerja 
·     format pengamatan 
 |    
4 
 |    
·    buku kumpulan puisi lama 
 |   
Mengomentari   pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 
 |    
·      Puisi baru 
·        Mengomentari pembacaan puisi dari segi 
  |    
·     Membaca dan manandai jeda pada puisi   yang dibacakan 
·     Mendeklamasikan/ membacakan puisi   baru  di depan teman-teman dengan   lafal,   intonasi, dan ekspresi yang   sesuai   
·     Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan   masukan dari teman atau guru 
·     Menanggapi pembacaan puisi baru tentang   lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 
 |    
·     Mendeklamasikan/ 
membacakan puisi baru    di depan teman-teman dengan lafal,     intonasi, dan ekspresi yang sesuai  
·     Menanggapi pembacaan puisi baru tentang   lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 
 |    
Jenis Tagihan: 
·     tugas individu 
Bentuk Instrumen: 
·     unjuk kerja 
·     format pengamatan 
 |    
4 
 |    
·    buku kumpulan puisi baru/ media cetak/   elektronik 
 |   
7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen 
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
7.1       Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan   ekspresi yang sesuai 
 |    
Puisi karya sendiri   : 
·       tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat) 
·       cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi 
·       makna puisi 
 |    
·       Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah) 
·       Menandai jeda puisi karya sendiri 
·       Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : 
 
·     Menentukan makna puisi karya teman 
·     Mengomentari puisi karya teman  
 |    
·       Menandai jeda puisi karya sendiri 
·       Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : 
·   lafal dan intonasi 
·   penghayatan 
·   mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai 
·     Menentukan makna puisi karya teman 
·     Mengomentari puisi karya teman  
 |    
Jenis Tagihan 
·   tugas individu 
Bentuk Instrumen 
·   unjuk kerja 
·   pilihan ganda 
 |    
4 
 |    
·      puisi karya sendiri 
 |   
7.2  Menjelaskan   unsur-unsur intrinsik cerpen      
 |    
·     Cerpen 
·     Unsur-unsur intrinsik cerpen : 
·     tema, 
·     latar, 
·     alur, 
·     penokohan/pesan 
 |    
·      Membaca cerpen  
·      Menceritakan kembali isi cerpen  
·      Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra   (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)   dengan data yang mendukung 
·      Mendiskusikan  unsur-unsur intrinsik cerpen 
 |    
·   Menceritakan kembali isi cerpen 
·   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen 
 |    
Jenis Tagihan 
·   tugas individu 
·   tugas kelompok 
·   ulangan 
Bentuk Instrumen: 
·   uraian bebas 
·   pilihan ganda 
·   jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·    kumpulan cerpen  
·    media cetak/ internet 
·    tape/ kaset 
 |   
 8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi 
Dasar 
 |     
Materi 
Pembelajaran 
 |     
Kegiatan 
Pembelajaran 
 |     
Indikator 
 |     
Penilaian 
 |     
Alokasi 
Waktu 
 |     
Sumber/ 
Bahan/ Alat 
 |    
8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpen   berdasarkan unsur-unsur resensi  
 |    
·          buku kumpulan cerpen  
·          unsur-unsur resensi 
·          identitas buku 
·          kepengarangan 
·          kekurangan dan   kelebihan isi buku 
·          bahasa pengarang, dll 
 |    
·       Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)  
·     Menulis resensi buku kumpulan cerpen   dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi: 
·   identitas buku 
·   kepengarangan 
·   kekurangan dan kelebihan isi buku 
·   bahasa pengarang, dll  
·   mendiskusikan resensi yang telah dibuat 
 |    
·     Menulis resensi buku kumpulan cerpen   dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi 
·     Menentukan keunggulan dan kelemahan   resensi buku kumpulan cerpen 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas individu 
·   tugas kelompok  
·    ulangan 
Bentuk Instrumen: 
·      uraian bebas 
·      pilihan ganda 
·      jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·     buku kumpulan cerpen 
 |   
8.2 Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku,   peristiwa, latar). 
 |    
·          topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi   setempat) 
·          unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan   gaya bahasa) 
 |    
·     Menentukan topik tentang kehidupan orang   lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat) 
·     Menulis cerpen tentang kehidupan orang   lain dengan memperhatikan 
·     unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik,   latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) 
·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman 
 |    
·     Mencatat/mendaftar topik-topik tentang   kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) 
·     Menulis cerpen tentang kehidupan orang   lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen 
·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman 
 |    
Jenis Tagihan: 
·   tugas Individu 
·   tugas kelompok  
·    ulangan 
Bentuk Instrumen: 
·      uraian bebas 
·      pilihan ganda 
·       jawaban singkat 
 |    
4 
 |    
·     buku yang terkait dengan menulis cerpen 
·     buku yang terkait dengan menulis cerpen 
 |   



0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !