Headlines News :
Home » » Silabus

Silabus

Diposting Oleh aosin suwadi pada Minggu, 28 September 2014 | 01.36

SILABUS

Nama Sekolah:   SMA Negeri 6 Kota Serang
Mata Pelajaran:   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester:   XII/1 (satu)
Standar Kompetens:   Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
1.1  Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan


Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler
·   laporan perjalanan

·     Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·     Mencatat pokok-pokok isi laporan
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta
·     Menentukan kalimat yang berupa opini

·     Mencatat pokok-pokok isi laporan


·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta
·     Menentukan kalimat yang berupa opini
Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   laporan



Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4

·      teks laporan dari media cetak/ elektronik

·      laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran

Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler

·         Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·         Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
·         Memberikan saran untuk perbaikan laporan

·      Mengemukakan kritik  isi laporan


·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4
·      teks laporan dari media cetak/ elektronik
·      laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat




2.      Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
a.      diskusi


Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
·   ungkapan persetujuan atau penolakan
·     penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.


·   Melaksanakan diskusi
·     Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
·      Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·      Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
·       Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara



·    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis
·   Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis

·   Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
·   Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
Jenis Tagihan:
·   praktik
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan

4
·   buku yang terkait dengan diskusi

2.2  Menyam-paikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

Buku nonfiksi
·   intisari buku
·   penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi


·   hal-hal yang menarik dalam buku

·   memberikan komentar

·        Membaca buku nonfiksi *
·        Menulis intisari buku






·        Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif

·        Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

·   Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi



·   Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh

·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   performansi
·   format pengamatan
4
·   buku nonfiksi

·   tuturan langsung

 

 

3.Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat

3.1  Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif

           

Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
·      ide pokok
·      Masalah dalam artikel
·      rangkuman artikel
·      kalimat majemuk
·      pola kalimat


·     Membaca artikel
·     Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·     Merangkum isi seluruh artikel
·     Mencari permasalahan dalam artikel
·     Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·     Mengidentifikasi kalimat majemuk

·    Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Menemukan kalimat pendukung ide pokok
·   Menemukan masalah dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas

4

·   tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
·   buku-buku penunjang



3.2  Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat


Naskah pidato
·      Cara membacakan naskah pidato



·      Cara menanggapi pembacaan teks pidato


·   Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung 





·   Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman

·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting 
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung



·   Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pembacaan teks pidato

Jenis Tagihan:
·       tugas individu

Bentuk Instrumen:
·         unjuk kerja
·         format pengamatan
·         pilihan ganda
·         uraian bebas

6

·      teks pidato
     dari internet/ media cetak


·   buku-buku 
    penunjang

4.         Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat

4.1  Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur



Contoh surat lamaran
· unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· struktur surat lamaran pekerjaan
· penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan

·          Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·          Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
·          Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·          Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan  EYD


·     Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan  


·     Menyusun surat lamaran  pekerjaan

·     Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan
·     praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


4

·  buku yang berhubungan dengan surat-menyurat

4.2  Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku



Contoh surat dinas
·       unsur-unsur surat dinas
·       struktur surat dinas
·       penggunaan bahasa dalam surat dinas
·       penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan


·     Membaca contoh surat dinas
·     Mengidentifikasi struktur  surat  dinas (undangan rapat)
·     Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·     Menulis surat undangan rapat kedinasan
·     Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa

·    Mengidentifikasi struktur  surat  dinas

·    Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·    Menulis surat undangan

·    Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
    dan bahasa


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tes tertulis

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

4

·   buku tentang surat-menyurat

4.3  Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir



Contoh laporan diskusi
·       unsur-unsur laporan diskusi


·   Membaca contoh laporan diskusi
·   Mengidentifikasi unsur-unsur yang  terdapat dalam laporan hasil diskusi
·   Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·   Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
·   Mendiskusikan laporan diskusi


·     Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi



·     Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·     Melengkapi laporan dengan lampiran

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

2

·laporan 
    diskusi

4.4  Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku


Resensi buku pengetahuan
·     unsur-unsur resensi antara lain:
1.       identitas buku
2.       isi yang penting/menarik
3.       bahasa pengarang
4.       keunggulan
5.       kelemahan
6.       kesimpulan


·   Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri) yang akan diresensi dan       menulis intinya (di rumah)


·     Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
1.      identitas buku
2.      isi yang penting/menarik
3.      bahasa pengarang
4.      keunggulan
5.      kelemahan
6.      kesimpulan
·   Mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur resensi yang ditulis teman

·     Mencatat identitas buku
·     Mendaftar pokok-pokok isi
·     Mencatat keunggulan dari isi buku
·     Mencatat kekurangan dari isi buku
·     Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
·     Mendiskusikan resensi yang telah dibuat

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4

·      buku yang terkait dengan resensi

5. Memahami pembacaan novel 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiata
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat

5.1  Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan   



Penggalan novel
·    penangapan segi vokal
·     intonasi
·     penghayatan



·   Mendengarkan pembacaan penggalan novel
·   Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan

·    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan


Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan
·     praktik

Bentuk Instrumen:
·     performansi
·     format pengamatan


4

·    buku novel

·    media setempat

·    buku-buku penun-jang

5.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
  

Penggalan novel

·  Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel  yang dibacakan teman



·  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel

·     Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
·   praktik



Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat


4

·    buku novel

·    media setempat




·    buku-buku penun-jang


6.   Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat

Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat



·   puisi lama (pantun)
·   penanggapan pembacaan puisi dari segi:
·      lafal
·      intonasi
·      ekspresi


·     Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai

·     Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·     Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru


·     Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·      Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·     Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari

Jenis Tagihan:
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan

4


·    buku kumpulan puisi lama

Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat


·      Puisi baru
·      Mengomentari pembacaan puisi dari segi
  1. lafal
  2. intonasi
  3. ekspresi


·     Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan


·     Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai 
·     Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
·     Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat


·     Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai



·     Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Jenis Tagihan:
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan

4


·    buku kumpulan puisi baru/ media cetak/ elektronik


7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat

7.1     Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai



Puisi karya sendiri :
·     tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
·     cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
·     makna puisi


·     Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
·     Menandai jeda puisi karya sendiri
·     Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
  • lafal dan intonasi
  • penghayatan
  • mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·     Menentukan makna puisi karya teman
·     Mengomentari puisi karya teman

·     Menandai jeda puisi karya sendiri

·     Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
·   lafal dan intonasi
·   penghayatan
·   mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·     Menentukan makna puisi karya teman
·     Mengomentari puisi karya teman

Jenis Tagihan
·   tugas individu

Bentuk Instrumen
·   unjuk kerja
·   pilihan ganda

4


·      puisi karya sendiri

7.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen    

·     Cerpen
·     Unsur-unsur intrinsik cerpen :
·     tema,
·     latar,
·     alur,
·     penokohan/pesan


·      Membaca cerpen
·      Menceritakan kembali isi cerpen
·      Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)   dengan data yang mendukung
·      Mendiskusikan  unsur-unsur intrinsik cerpen

·   Menceritakan kembali isi cerpen
·   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen

Jenis Tagihan
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat


4


·    kumpulan cerpen
·    media cetak/ internet
·    tape/ kaset


 8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat

8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi



·        buku kumpulan cerpen
·        unsur-unsur resensi
·        identitas buku
·        kepengarangan
·        kekurangan dan   kelebihan isi buku
·        bahasa pengarang, dll



·     Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
·     Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
·   identitas buku
·   kepengarangan
·   kekurangan dan kelebihan isi buku
·   bahasa pengarang, dll
·   mendiskusikan resensi yang telah dibuat





·     Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
·     Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat

4


·   buku kumpulan cerpen

8.2 Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar).

·        topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)





·        unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)

·     Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
·     Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan



·     unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman

·     Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·     Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen



·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman


Jenis Tagihan:
·   tugas Individu
·   tugas kelompok
·    ulangan


Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·     jawaban singkat


4


·   buku yang terkait dengan menulis cerpen




·   buku yang terkait dengan menulis cerpen






Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bahasa dan Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aosin Suwadi