Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan melingkari huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar !
1. Kompetensi dalam pengajaran bahasa Indonesia terdiri dari keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis (catur tunggal). Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut dilihat dari sifatnya digolongkan ke dalam dua keterampilan, yaitu :
a. Keterampilan represif dan produktif
b. Keterampilan representatif dan korelatif
c. Keterampilan reseptif dan perspektif
d. Keterampilan perseptif dan produktif
e. Keterampilan konseptif dan perseptif
2. Selain pengajaran menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dalam pengajaran bahasa Indonesia terdapat juga pengajaran sastra. Pengajaran sastra ini merupakan:
a. Bagian dari pengajaran berbicara
b. Bagian dari pengajaran menulis
c. Pengembangan dari keterampilan catur tunggal
d. Bagian dari pengajaran menyimak
e. Pengajaran khusus
3. Dalam pengajaran bahasa Indonesia kurikulum 1994 dikenal istilah kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan, yang kemudian dalam kurikulum 2004 dan selanjutnya diinplisitkan. Tujuan pemahaman dalam pengajaran bahasa Indonesia dicapai melalui kegiatan :
a. membaca dan menulis
b. menyimak dan membaca
c. berbicara dan dan membaca
d. menulis dan berbicara
e. memahami sastra
4. Dalam tujuan kebahasaan, dikenal dengan istilah Lafal, ejaan, tanda baca, kosakata, struktur, paragraf dan wacana. Dari teori kebahasaan tersebut kemudian dikonversi ke dalam studi fonologi, morfologi, dan sintaksis. Sedangkan wacana dikhususkan menjadi studi wacana. Bidang kajian dari disiplin ilmu sintaksis, terdiri dari
a. Fonem dan morfem, dan kata
b. Morfem, kata dan frase
c. Kata, frase dan klausa
d. Klausa dan kalimat
e. Frase, klausa, dan kalimat
5. Secara empiris pengajaran bahasa Indonesia banyak ditekankan kepada pengajaran menyimak, menulis dan membaca. Sedangkan pengajaran keterampilan berbicara kurang mendapat penekanan. Salah satu faktor yang menjadikan kurangnya penekanan pembelajaran berbicara adalah sistem penilaiannya yang agak rumit. Inti dari penilaian pengajaran berbicara dalam bahasa Indonesia adalah :
a. Isi pembicaraan, sistematik, dan kebahasaan
b. Mekanik, ejaan, dan tanda baca
c. Diksi dan gaya bahasa
d. Kosa kata dan gaya bahasa
e. Ejaan dan kosa kata
f. Vokal, konsonan, dan lafal
Untuk Nomor 6 sampai dengan nomor 10
Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang bersifat arbitrer, produktif, dinamis, dan beragam. Ragam bahasa Indonesia baku digunakan dalam situasi formal dan resmi. Secara empiris kebakuan bahasa Indonesia dalam situasi resmi ini dipengaruhi oleh faktor-faktor, diantaranya : dialek, idiolek, dan media cetak serta media elektronik.
6. Ragam bahasa dalam bahasa Indonesia dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Yang termasuk ragam bahasa dilihat dari segi keformalan, adalah :
a. Ragam serius dan bebas
b. Ragam Santai dan formal
c. Ragam formal dan bebas
d. Ragam baku dan resmi
e. Ragam biasa dan tidak biasa
7. Yang dimaksud dengan bahasa dialek adalah:
a. Bahasa yang digunakan oleh penutur asli suatu daerah
b. Bahasa yang digunakan oleh pendatang di suatu daerah
c. Bahasa campuran yang digunakan di suatu daerah
d. Bahasa kesatu yang digunakan oleh para pemakainya
e. Bahasa yang digunakan oleh penutur pada suatu batas wilayah tertentu
8. Beberapa Ciri dari idiolek bahasa seseorang, diantaranya:
a. Gerak gerik dan sikap berbicara
b. Bentu-bentuk kata yang diucapkan
c. Warna suara, diksi, gaya bahasa, dan susunan kalimat
d. Bahasanya tidak baku
e. Selalu menggunakan bahasa daerah
9. Bahasa Indonesia termasuk bahasa yang dinamis, artinya:
a. Berubah kosakatanya
b. Berubah susunan kalimatnya
c. Berubah strukturnya
d. Berubah mengikuti perkembangan
Berubah mengikuti keinginan penuturnya
10. Yang dimaksud dengan produktif, artinya :
a. Dapat digunakan dalam pergaulan dengan berbagai negara
b. Dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai ungkapan
c. Dari jumlah kosa kata yang terdapat dalam kamus, dapat dibentuk menjadi jutaan kalimat
d. Dapat disampaikan dalam bentuk lisan dan tulis
e.Dapat digunakan untuk mengungkapkan berbagai karya sastra
11. Bahasa-bahasa yang ikut membantu pertumbuhan dan perkembangan dalam pembinaan bahasa Indionesia adalah:
a. Bahasa Belanda, Inggris dan bahasa daerah
b. Bahasa Sangsekerta, bahasa Inggris, dan bahasa Arab
c. Bahasa Arab, bahasa Jawa, dan bahasa Sangsekerta
d. Bahasa Melayu, bahasa Sunda, dan bahasa Sangsekerta
e. Bahasa Melayu, bahasa Daerah, dan bahasa Asing
12. Dari definisi-definisi kalilmat yang diungkapkan oleh para ahli, kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat adalah :
a. Kumpulan kata yang memiliki maksud tertentu
b. Kumpulan morfem yang tersusun
c. Susunan kata yang terditi dari minimal tiga kata
d. Susunan morfem bebas dan morfem terikat
e. Ucapan atau tulisan yang memiliki intonasi final, pikiran lengkap, segmental dan supra segmental
Untuk nomor 13 sampai dengan nomor 17
Macam-macam kalima dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, diantaranya: jumlah pola, jenis kata yang menduduki predikat, peran subyek, dan bentuknya.
13. Dilihat dari jumlah polanya, macam-macam kalimat terditi dari ;
a. Kalimat tunggal dan majemuk
b. Kalimat aktif dan pasif
c. Kalimat inti dan sederhana
d. Kalimat inti dan transformasi
e. Kalimat perintah
14. Dilihat dari jenis kata yang menduduki predikatnya, macam-macam kalimat terdiri dari :
a. Kallimat verba dan adjektif
b. Kalimat aktif, dan adjektif
c. Kalimat verba dan nomina
d. Kalimat adverbia dan nominal
e. Kalimat nominal dan adverbial
15. Macam-macam kalimat dilihat dari peran subyeknya terdiri dari :
a. Kalimat sempurna dan tidak sempurna
b. Kalimat minim dan kalimat panjang
c. Kalimat sempurna dan tidak sempurna
d. Kalimat transitif dan intransitif
e. Kalimat aktif dan pasif
16. Dilihat dari bentuknya macam-macam kalima terdiri dari:
a. Kalimat sempurna dan kalimat tidak sempurna
b. Kalimat aktif dan pasit
c. Kalimat transitif dan intransitif
d. Kalimat sempurna dan tidak semnpurna
e. Kalimat perintah dan larangan
17. Berikut ini yang merupakan contoh kalimat sempurna adalah :
a. Pengawas Ujian sekolah berada di ruang ujian.
b. Kepala sekolah sedang berada di ruangannya.
c. Panitia ujian sedang melaksanakan tugasnya.
d. Dewan guru SMA yang berjumlah 53 orang, dan sedang mengikuti rapat itu.
e. Karena tidak sanggup membayar SPP dan biaya-biaya yang lainnya.
18. Membaca merupakan proses menyerap informasi dari bacaan. Pada tingkat kemampuan yang masih rendah teknik membaca biasanya dilakukan dengan model membaca bawah atas (MMBA). Akan tetapi bagi pembaca yang tingkat tinggi biasanya menggunakan model membaca atas bawah (MMAB). Berikut ini yang termasuk ke dalam hakikat MMAB adalah :
a. Sepenuhnya menyerap informasi dari bacaan
b. Informasi yang diperoleh diinterpretasi oleh informasi yang telah dimiliki
c. Tidak ada informasi yang dapat diperolah
d. Informasi berada pada bacaan
e. Informasi sepenuhnya telah dimiliki sebelum membaca
19. Berikut ini yang merupakan definisi menulis yang paling lengkap adalah :
a. Menyampaikan informasi lisan dalam bentuk tulis kepada pihak lain
b. Menulis adalah kegiatan penyampaiaan pesan komunikasi kepada pihak lain
c. Menulis adalah kegiatan penyampaiaan informasi kepada pihak lain
d. Menulis adalah kegiatan penyampaiaan pesan secara tertulis kepada pihak lain
e. Menulis adalah kegiatan penyampaiaan pesan kepada pihak lain
20. Bahas Indonesia tergolong bahasa liguafranca, yaitu bahasa:
a. yang digunakan dalam dunia bisnis
b. yang digunakan dalam era globalisasi
c. yang digunakan di dunia ilmu pengetahuan
d. yang dapat digunakan dalam kancah pergaulan antarnegera
e. yang digunakan dlam era reformasi
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !