Contoh Analisis dan Pengolahan Data
1. Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP ...... Tahun Pelajaran 2011/2012
2. Masalah :
a. Bagaimana efektivitas kegiatan belajar menulis karangan deskriptif siswa kelas VIII SMP .... tahun pelajaran 2011/2012?
b. Bagaimana hasil kegiatan belajar menulis karangan deskriptif siswa kelas VIII SMP .... tahun pelajaran 2011/2012 ?
A. Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Pra Siklus
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG SKOR
|
KET.
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
| |
1
|
Aktivitas siswa
| ||||||||||||
a.
|
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.
|
ü
| |||||||||||
b.
|
Motivasi siswa untuk bertanya
|
ü
| |||||||||||
c.
|
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan
|
ü
| |||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
|
ü
| |||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
| ||||||||||||
a.
|
Penguasaan kelas
|
ü
| |||||||||||
b.
|
Kejelasan bahasa
|
ü
| |||||||||||
c.
|
Memberikan contoh dan analogi
|
ü
| |||||||||||
d.
|
Memberikan kesempatan untuk bertanya
|
ü
| |||||||||||
JUMLAH
|
4
|
15
|
12
|
7
|
8
| ||||||||
46
| |||||||||||||
RATA-RATA
|
57,5
| ||||||||||||
KUALITATIF A/B/C/D/E
|
C ( Cukup efektif)
|
KETERANGAN
|
RENTANG KRITERIA EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF
| ||||||||||
Perolehan Skor
|
X
|
100
|
=
|
.....
|
NO
|
RENTANG NILAI
|
KRITERIA
|
KETERANGAN
| |||
Skor Ideal
|
1.
|
80,01 - 100,00
|
A
|
Sangat efektif
| |||||||
2.
|
60,01 - 80,00
|
B
|
Efektif
| ||||||||
80
|
X
|
100
|
=
|
100
|
3.
|
40,01 - 60,00
|
C
|
Cukup efektif
| |||
80
|
4.
|
20,01 - 40,00
|
D
|
Kurang efektif
| |||||||
5.
|
00,00 - 20,00
|
E
|
Tidak efektif
|
B. Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Pra Siklus
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
| |||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
| ||||||
1
|
Asmanah
|
76
|
63
|
56
|
195
|
65,00
| ||
2
|
Ade Burhan
|
72
|
58
|
67
|
197
|
65,67
| ||
3
|
Dani
|
70
|
51
|
51
|
172
|
57,33
| ||
4
|
Darmi
|
66
|
45
|
55
|
166
|
55,33
| ||
5
|
Fahri
|
82
|
76
|
54
|
212
|
70,67
| ||
6
|
Gugun
|
48
|
60
|
53
|
161
|
53,67
| ||
7
|
Hudaifah
|
55
|
65
|
60
|
180
|
60,00
| ||
8
|
Iin Inayah
|
65
|
56
|
45
|
166
|
55,33
| ||
9
|
Yuyu Yuliani
|
60
|
53
|
45
|
158
|
52,67
| ||
JUMLAH
|
594
|
527
|
486
|
1607
|
535,67
| |||
RATA-RATA
|
66,00
|
58,56
|
54,00
|
178,56
|
59,52
| |||
NILAI TERTINGGI
|
82
|
76
|
67
|
212
|
70,67
| |||
NILAI TERENDAH
|
48
|
45
|
45
|
158
|
52,67
| |||
Keterangan :
| ||||||||
Rentang nilai isi
|
= 30 - 100
| |||||||
Rentang nilai sistematik
|
= 30 - 100
| |||||||
Rentang nilai kebahasaan
|
= 30 - 100
| |||||||
Skor Ideal
|
300
| |||||||
PEROLEHAN SKOR
|
X 100 =
|
NILAI
| ||||||
SKOR IDEAL
|
C. Instrumen Penilaian Karangan Deskriptif
Kembankan judul karangan “ Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot” dengan krangka sebagai berikut :
1. Penyelenggara kegiatan
2. Kegiatan yang dilombakan
3. Kejuaraan dan hadiah lomba
Contoh sederhana menilai karangan deskriptif
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !