A. Instrumen Penilaian Karangan Deskriptif
Kembankan
judul karangan “ Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot” dengan krangka sebagai
berikut :
1. Penyelenggara
kegiatan
2. Kegiatan yang
dilombakan
3. Kejuaraan dan hadiah lomba
Contoh
sederhana menilai karangan deskriptif
Nama : Fahri
Kelas :
VIII
Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot
Telah
menjadi kabiasaan bahwa setiap selesai ulangan semester, selalu diselenggarakan
kegiatan atau perlombaan-perlombaan, yang disebut “clas metting”. Karena semua
guru sedang sibuk mengoreksi nilai untuk dimasukkan ke dalam rapot, maka
pembina OSIS menugaskan kepada ketua OSIS dan jajarannya untuk menyelenggarakan
kegiatan ini.
Dalam
kegiatan tersebut dilombakan beberapa cabang olah raga dan kesenian. Setiap
cabang dalam kegiatan ini diikuti oleh masing-masing utusan dari tiap kelas.
Berbeda dengan kegiatan belajar dan ulangan di kelas, dalam kegiatan lomba ini
hampir semua peserta termotivasi untuk memenangkan lomba. Semua siswa yang
tidak ikut dalam kegiatan menghadiri kegiatan ini.
Para siswa bersorak
gembira ketika Pembina OSIS mengumumkan hasil lomba. Akan tetapi kemudian merka
menjadi diam setelah dipsesilakan memasuki ruangan kelas untuk menerima rapot,
yang akan diserahkan kepada orang tua atau wali murid masing-masing.
RUBRIK PENILAIAN
MENULIS KARANGAN DESKRIPRIF
NO
|
KOMPONEN
|
RENTANG PENILAIAN
|
|||||
A
|
Isi
|
||||||
1
|
Isi karangan sesuai
|
71
|
-
|
100
|
|||
2
|
Isi karangan kukrang sesuai
|
36
|
-
|
70
|
|||
3
|
Isi karangan tidak sesuai
|
0
|
-
|
35
|
|||
B
|
Sitematik
|
||||||
1
|
Karangan ditulis secara sistematis
|
71
|
-
|
100
|
|||
2
|
Karangan ditulis kurang sistematis
|
36
|
-
|
70
|
|||
3
|
Karangan ditulis tidak sistematis
|
0
|
-
|
35
|
|||
C
|
Kaidah
|
-
|
|||||
1
|
Penulisan sesuai dengan kaidah
|
71
|
-
|
100
|
|||
2
|
Penulisan kuran sesuai dengan kaidah
|
36
|
-
|
70
|
|||
3
|
Penulisan kuran tidak dengan kaidah
|
0
|
-
|
35
|
|||
SKOR IDEAL
|
300
|
||||||
B.
Hasil Observasi
Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus I
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG NILAI
|
KET.
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
Aktivitas siswa
|
||||||||||||
a.
|
Perhatian
siswa terhadap materi pembelajaran.
|
ü
|
ü
|
||||||||||
b.
|
Motivasi
siswa untuk bertanya
|
ü
|
|||||||||||
c.
|
Motivasi
siswa untuk menjawab pertanyaan
|
ü
|
|||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
|
ü
|
|||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
|
||||||||||||
a.
|
Penguasaan
kelas
|
ü
|
|||||||||||
b.
|
Kejelasan
bahasa
|
ü
|
|||||||||||
c.
|
Memberikan
contoh dan analogi
|
ü
|
|||||||||||
d.
|
Memberikan
kesempatan untuk bertanya
|
ü
|
|||||||||||
JUMLAH
|
15
|
24
|
7
|
8
|
|||||||||
54
|
|||||||||||||
RATA-RATA
|
67,5
|
||||||||||||
KUALITATIF
A/B/C/D/E
|
B (Efektif )
|
C.
Daftar Nilai Kemampuan
Menulis Karangan Deskriptif Siklus I
Setelah dilakukan perbaikan
pada rencana dan proses pembelajaran diperoleh nilai sebagai berikut.
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
|
|||||||||||||||||||||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
Asmanah
|
78
|
83
|
56
|
217
|
72,33
|
|
|||||||||||||||||||
2
|
Ade Burhan
|
76
|
65
|
67
|
208
|
69,33
|
||||||||||||||||||||
3
|
Dani
|
70
|
60
|
51
|
181
|
60,33
|
||||||||||||||||||||
4
|
Darmi
|
66
|
57
|
55
|
178
|
59,33
|
||||||||||||||||||||
5
|
Fahri
|
80
|
81
|
63
|
224
|
74,67
|
||||||||||||||||||||
6
|
Gugun
|
53
|
60
|
53
|
166
|
55,33
|
||||||||||||||||||||
7
|
Hudaifah
|
62
|
65
|
60
|
187
|
62,33
|
||||||||||||||||||||
8
|
Iin Inayah
|
65
|
56
|
57
|
178
|
59,33
|
||||||||||||||||||||
9
|
Yuyu Yuliani
|
64
|
53
|
66
|
183
|
61,00
|
||||||||||||||||||||
JUMLAH
|
614
|
580
|
528
|
1.722
|
574
|
|||||||||||||||||||||
RATA-RATA
|
68,22
|
64,44
|
58,67
|
191
|
63,78
|
|||||||||||||||||||||
NILAI TERTINGGI
|
80
|
83
|
67
|
224
|
74,67
|
|||||||||||||||||||||
NILAI TERENDAH
|
53
|
53
|
51
|
166
|
55,33
|
D.
Hasil
Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus II
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG NILAI
|
KET.
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
Aktivitas siswa
|
||||||||||||
a.
|
Perhatian
siswa terhadap materi pembelajaran.
|
ü
|
|||||||||||
b.
|
Motivasi
siswa untuk bertanya
|
ü
|
|||||||||||
c.
|
Motivasi
siswa untuk menjawab pertanyaan
|
ü
|
|||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
|
ü
|
|||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
|
||||||||||||
a.
|
Penguasaan
kelas
|
ü
|
|||||||||||
b.
|
Kejelasan
bahasa
|
ü
|
|||||||||||
c.
|
Memberikan
contoh dan analogi
|
ü
|
|||||||||||
d.
|
Memberikan
kesempatan untuk bertanya
|
ü
|
|||||||||||
JUMLAH
|
12
|
28
|
18
|
||||||||||
58
|
|||||||||||||
RATA-RATA
|
72,5
|
||||||||||||
KUALITATIF
A/B/C/D/E
|
B (Efektif)
|
E.
Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus II
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
|
|||||||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
|
||||||||||
1
|
Asmanah
|
81
|
79
|
76
|
236
|
78,67
|
||||||
2
|
Ade Burhan
|
76
|
67
|
70
|
213
|
71,00
|
Rentang nilai isi
|
30-100
|
||||
3
|
Dani
|
72
|
64
|
59
|
195
|
65,00
|
Rentang nilai sistematik
|
30-100
|
||||
4
|
Darmi
|
72
|
67
|
62
|
201
|
67,00
|
Rentang nilai kebahasaan
|
30-100
|
||||
5
|
Fahri
|
82
|
81
|
70
|
233
|
77,67
|
Skor Ideal
|
300
|
||||
6
|
Gugun
|
60
|
64
|
68
|
192
|
64,00
|
||||||
7
|
Hudaifah
|
68
|
65
|
60
|
193
|
64,33
|
PEROLEHAN SKOR
|
X
|
100
|
=
|
N
|
|
8
|
Iin Inayah
|
69
|
65
|
57
|
191
|
63,67
|
SKOR IDEAL
|
|||||
9
|
Yuyu Yuliani
|
64
|
59
|
66
|
189
|
63,00
|
||||||
JUMLAH
|
644
|
611
|
588
|
1.843
|
614,333
|
300
|
X
|
100
|
=
|
100
|
||
RATA-RATA
|
71,56
|
67,89
|
65,33
|
204,78
|
68,26
|
300
|
||||||
NILAI TERTINGGI
|
82
|
81
|
76
|
236
|
78,67
|
|||||||
NILAI TERENDAH
|
60
|
59
|
57
|
189
|
63,00
|
F.
Hasil
Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus III
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG NILAI
|
KET.
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
Aktivitas siswa
|
||||||||||||
a.
|
Perhatian
siswa terhadap materi pembelajaran.
|
ü
|
|||||||||||
b.
|
Motivasi
siswa untuk bertanya
|
ü
|
|||||||||||
c.
|
Motivasi
siswa untuk menjawab pertanyaan
|
ü
|
|||||||||||
d.
|
Konsentrasi waktu belajar
|
ü
|
|||||||||||
2
|
Aktivitas Guru
|
||||||||||||
a.
|
Penguasaan
kelas
|
ü
|
|||||||||||
b.
|
Kejelasan
bahasa
|
ü
|
|||||||||||
c.
|
Memberikan
contoh dan analogi
|
ü
|
|||||||||||
d.
|
Memberikan
kesempatan untuk bertanya
|
ü
|
|||||||||||
JUMLAH
|
28
|
32
|
|||||||||||
60
|
|||||||||||||
RATA-RATA
|
75
|
||||||||||||
KUALITATIF
A/B/C/D/E
|
B (Efektif)
|
G.
Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus III
NO
|
NAMA SISWA
|
KOMPONEN PENILAIAN
|
JML
|
NILAI
|
KETERANGAN.
|
|||||||
ISI
|
SISTEMATIK
|
KAIDAH
|
||||||||||
1
|
Asmanah
|
83
|
81
|
79
|
243
|
81,00
|
||||||
2
|
Ade Burhan
|
76
|
67
|
70
|
213
|
71,00
|
Rentang nilai isi
|
30-100
|
||||
3
|
Dani
|
74
|
68
|
63
|
205
|
68,33
|
Rentang nilai sistematik
|
30-100
|
||||
4
|
Darmi
|
72
|
70
|
62
|
204
|
68,00
|
Rentang nilai
kebahasaan
|
30-100
|
||||
5
|
Fahri
|
82
|
81
|
74
|
237
|
79,00
|
Skor Ideal
|
300
|
||||
6
|
Gugun
|
68
|
66
|
68
|
202
|
67,33
|
||||||
7
|
Hudaifah
|
68
|
65
|
62
|
195
|
65,00
|
PEROLEHAN SKOR
|
X
|
100
|
=
|
N
|
|
8
|
Iin Inayah
|
69
|
69
|
57
|
195
|
65,00
|
SKOR IDEAL
|
|||||
9
|
Yuyu Yuliani
|
68
|
65
|
63
|
196
|
65,33
|
||||||
JUMLAH
|
660
|
632
|
598
|
1.890
|
630,00
|
300
|
X
|
100
|
=
|
100
|
||
RATA-RATA
|
73,33
|
70,22
|
66,44
|
210,00
|
70,00
|
300
|
||||||
NILAI TERTINGGI
|
83,00
|
81,00
|
79,00
|
243,00
|
81,00
|
|||||||
NILAI TERENDAH
|
68,00
|
65,00
|
57,00
|
195,00
|
65,00
|
H.
Grafik Peningkatan Efektivitas
Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi
Peningkatan
Efektivitas Kegiatan Belajar
|
Hasil
Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi
|
RUBRIK
PENILAIAN MENULIS KARANGAN
DESKRIPTIF
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
ISI
(15 -30)
|
Topik /objek jelas, deskripsi mendetail/rinci dan tuntas/utuh, memberi gambaran/citraan secara jelas, ada
asosiasi/analogi/komparasi dengan objek sejenis.
|
25 - 30
|
Topik/objek jelas, deskripsi kurang mendetail/rinci dan kurang
tuntas/utuh, kurang memberi
gambaran/citraan secara jelas, ada
asosiasi/analogi/komparasi dengan objek sejenis.
|
20 - 24
|
|
Topik /objek jelas, deskripsi secara dangkal/umum dan hanya sebagian, tidak memberi gambaran/citraan secara jelas, tidak ada
asosiasi/analogi/komparasi dengan objek sejenis.
|
15 - 19
|
|
ORGANISASI
GAGASAN
(10-20)
|
Berpola: ada pendahuluan, isi, penutup, gagasan dibatasi
dalam unit-unit paragraf.
|
16 - 20
|
Ada pendahuluan, isi, tetapi
tidak ada penutup, ada paragraph berisi dua gagasan
utama,
|
13 - 15
|
|
Karangan tidak diorganisasi sama sekali, tidak jelas pendahuluan , isi,
penutup,
|
10 - 12
|
|
BAHASA
(15-30)
|
Paragraf kohesif dan koherensif,
kalimat efektif dan komunikatif, struktur kalimat baku, diksi tepat
dan variatif, makna tidak ambigu, penerapan konjungsi secara tepat
|
27 - 30
|
Ada beberapa paragraf tidak kohesif, ada kalimat yang tidak efektif dan
ambigu, diksi ada yang salah konteks, pemakaian konjungi ada yang keliru.
|
21 - 26
|
|
Banyak paragraph tidak
kohesif, banyak kalimat yang tidak efektif dan ambigu,
diksi banyak yang salah konteks,
pemakaian konjungi banyak yang keliru
|
17 - 20
|
|
Paragraf tidak padu, kalimat tidak efektif, sebagian bear struktur kalimat yang salah,
diksi sangat terbatas dan banyak salah
konteks, penerapan konjungsi tidak tepat.
|
15 - 16
|
|
MEKANIK
(8-20)
|
Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali,
bila tulis tangan rapi dan
jelas terbaca, tidak ada salah
ketik, pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas.
|
17 - 20
|
Ada beberapa kesalahan ejaan, tulisan tangan rapi, ada beberapa salah
ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, margin
pas.
|
13 - 16
|
|
Cukup banyak kesalahan ejaan dan
salah ketik. Tulisan tangan kurang rapi. Jenis, ukuran huruf dan margin tidak
konsisten.
|
10 - 12
|
|
Mengabaikan ejaan, tulisan tangan sangat tidak rapi, banyak sekali salah
ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri.
|
8 - 9
|
|
JUMLAH SKOR IDEAL
|
100
|
Standar
Penilaian BSNP Kurikulum KTSP
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !