Headlines News :
Home » » Analisis dan Pengolahan Data

Analisis dan Pengolahan Data

Diposting Oleh aosin suwadi pada Senin, 19 Mei 2014 | 17.53



A.    Instrumen Penilaian Karangan Deskriptif
Kembankan judul karangan “ Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot” dengan krangka sebagai berikut :
1.     Penyelenggara kegiatan
2.     Kegiatan yang dilombakan
3.     Kejuaraan  dan hadiah lomba
Contoh sederhana menilai karangan deskriptif
Nama      :  Fahri
Kelas       :  VIII
Kegiatan Menjelang Pembagian Rapot
Telah menjadi kabiasaan bahwa setiap selesai ulangan semester, selalu diselenggarakan kegiatan atau perlombaan-perlombaan, yang disebut “clas metting”. Karena semua guru sedang sibuk mengoreksi nilai untuk dimasukkan ke dalam rapot, maka pembina OSIS menugaskan kepada ketua OSIS dan jajarannya untuk menyelenggarakan kegiatan ini.
Dalam kegiatan tersebut dilombakan beberapa cabang olah raga dan kesenian. Setiap cabang dalam kegiatan ini diikuti oleh masing-masing utusan dari tiap kelas. Berbeda dengan kegiatan belajar dan ulangan di kelas, dalam kegiatan lomba ini hampir semua peserta termotivasi untuk memenangkan lomba. Semua siswa yang tidak ikut dalam kegiatan menghadiri kegiatan ini.
Para siswa bersorak gembira ketika Pembina OSIS mengumumkan hasil lomba. Akan tetapi kemudian merka menjadi diam setelah dipsesilakan memasuki ruangan kelas untuk menerima rapot, yang akan diserahkan kepada orang tua atau wali murid masing-masing.



RUBRIK PENILAIAN MENULIS KARANGAN DESKRIPRIF
NO
KOMPONEN
RENTANG PENILAIAN
A
Isi




1
Isi karangan sesuai
71
-
100

2
Isi karangan kukrang sesuai
36
-
70

3
Isi karangan tidak sesuai
0
-
35
B
Sitematik




1
Karangan ditulis secara sistematis
71
-
100

2
Karangan ditulis kurang sistematis
36
-
70

3
Karangan ditulis tidak sistematis
0
-
35
C
Kaidah

-


1
Penulisan sesuai dengan kaidah
71
-
100

2
Penulisan kuran sesuai dengan kaidah
36
-
70

3
Penulisan kuran tidak dengan kaidah
0
-
35
SKOR IDEAL


300












B.    Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus I
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG NILAI
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.




ü   
ü   






b.         
Motivasi siswa untuk bertanya




ü   







c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan





ü   






d.         
Konsentrasi waktu belajar




ü   






2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas





ü   






b.         
Kejelasan bahasa






ü   





c.         
Memberikan contoh dan analogi





ü   






d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya







ü   



JUMLAH




15
24
7
8



54
RATA-RATA
67,5
KUALITATIF A/B/C/D/E
B (Efektif   )

C.    Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus I
Setelah dilakukan perbaikan pada rencana dan proses pembelajaran diperoleh nilai sebagai berikut.
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah
78
83
56
217
72,33

Rentang nilai isi
30-100
Rentang nilai sistematik
30-100
Rentang nilai kebahasaan
30-100
Skor Ideal
300

PEROLEHAN SKOR
X
100
N
SKOR IDEAL

300
X
100
=
100
300
2
Ade Burhan
76
65
67
208
69,33
3
Dani
70
60
51
181
60,33
4
Darmi
66
57
55
178
59,33
5
Fahri
80
81
63
224
74,67
6
Gugun
53
60
53
166
55,33
7
Hudaifah
62
65
60
187
62,33
8
Iin Inayah
65
56
57
178
59,33
9
Yuyu Yuliani
64
53
66
183
61,00
JUMLAH
614
580
528
  1.722
574
RATA-RATA
68,22
64,44
58,67
     191
63,78
NILAI TERTINGGI
80
83
67
224
74,67
NILAI TERENDAH
53
53
51
166
55,33

D.    Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus II
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG NILAI
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.






ü   





b.         
Motivasi siswa untuk bertanya






ü   





c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan






ü   





d.         
Konsentrasi waktu belajar





ü   





2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas






ü   





b.         
Kejelasan bahasa







ü   




c.         
Memberikan contoh dan analogi





ü   






d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya







ü   



JUMLAH





12
28
18



58
RATA-RATA
72,5
KUALITATIF A/B/C/D/E
B (Efektif)













E.       Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus II
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah
81
79
76
236
78,67


2
Ade Burhan
76
67
70
213
71,00

Rentang nilai isi
30-100


3
Dani
72
64
59
195
65,00

Rentang nilai sistematik
30-100


4
Darmi
72
67
62
201
67,00

Rentang nilai kebahasaan
30-100


5
Fahri
82
81
70
233
77,67

Skor Ideal
300


6
Gugun
60
64
68
192
64,00


7
Hudaifah
68
65
60
193
64,33

PEROLEHAN SKOR
X
100
=
N
8
Iin Inayah
69
65
57
191
63,67

SKOR IDEAL
9
Yuyu Yuliani
64
59
66
189
63,00


JUMLAH
644
611
588
1.843
614,333

300
X
100
=
100
RATA-RATA
71,56
67,89
65,33
204,78
68,26

300
NILAI TERTINGGI
82
81
76
236
78,67


NILAI TERENDAH
60
59
57
189
63,00




F.       Hasil Observasi Kegiatan Belajar Mengajar Menulis Karangan Deskripsi Siklus III
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG NILAI
KET.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Aktivitas siswa












a.         
Perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.






ü   





b.         
Motivasi siswa untuk bertanya







ü   




c.         
Motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan






ü   





d.         
Konsentrasi waktu belajar







ü   



2
Aktivitas Guru












a.         
Penguasaan kelas






ü   





b.         
Kejelasan bahasa






ü   





c.         
Memberikan contoh dan analogi







ü   




d.         
Memberikan kesempatan untuk bertanya







ü   



JUMLAH






28
32



60
RATA-RATA
75
KUALITATIF A/B/C/D/E
B (Efektif)

G.      Daftar Nilai Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siklus III
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN PENILAIAN
JML
NILAI
KETERANGAN.
ISI
SISTEMATIK
KAIDAH
1
Asmanah
83
81
79
243
81,00


2
Ade Burhan
76
67
70
213
71,00

Rentang nilai isi
30-100


3
Dani
74
68
63
205
68,33

Rentang nilai sistematik
30-100


4
Darmi
72
70
62
204
68,00

Rentang nilai kebahasaan
30-100


5
Fahri
82
81
74
237
79,00

Skor Ideal
300


6
Gugun
68
66
68
202
67,33


7
Hudaifah
68
65
62
195
65,00

PEROLEHAN SKOR
X
100
=
N
8
Iin Inayah
69
69
57
195
65,00

SKOR IDEAL
9
Yuyu Yuliani
68
65
63
196
65,33


JUMLAH
660
632
598
1.890
630,00

300
X
100
=
100
RATA-RATA
73,33
70,22
66,44
210,00
70,00

300
NILAI TERTINGGI
83,00
81,00
79,00
243,00
81,00


NILAI TERENDAH
68,00
65,00
57,00
195,00
65,00



H.      Grafik Peningkatan Efektivitas Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi
Peningkatan Efektivitas Kegiatan Belajar
Hasil Kegiatan Belajar Menulis Karangan Deskripsi







RUBRIK PENILAIAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF   
ASPEK
KRITERIA
SKOR
ISI

(15 -30)
Topik /objek jelas,  deskripsi  mendetail/rinci dan tuntas/utuh,  memberi gambaran/citraan secara jelas, ada asosiasi/analogi/komparasi dengan objek sejenis.
25  -  30
Topik/objek jelas,  deskripsi  kurang mendetail/rinci dan kurang tuntas/utuh,  kurang memberi gambaran/citraan  secara jelas, ada asosiasi/analogi/komparasi dengan objek sejenis.  
20  -  24
Topik /objek jelas,  deskripsi   secara dangkal/umum dan  hanya sebagian,  tidak memberi gambaran/citraan  secara jelas, tidak ada asosiasi/analogi/komparasi dengan objek sejenis.
15  -  19
ORGANISASI
GAGASAN
(10-20)
Berpola: ada pendahuluan, isi, penutup, gagasan  dibatasi  dalam unit-unit paragraf.
16  -  20
Ada  pendahuluan, isi,  tetapi   tidak ada penutup, ada paragraph berisi dua  gagasan   utama,  
13  -  15
Karangan tidak diorganisasi sama sekali, tidak jelas pendahuluan , isi, penutup, 
10  -  12
BAHASA
(15-30)
Paragraf kohesif dan koherensif,  kalimat efektif dan komunikatif, struktur kalimat baku, diksi tepat dan variatif, makna  tidak ambigu,  penerapan konjungsi secara tepat
27  -  30
Ada beberapa paragraf tidak kohesif, ada kalimat yang tidak efektif dan ambigu, diksi ada yang salah konteks, pemakaian konjungi ada yang keliru.
21  -  26
Banyak  paragraph tidak kohesif,  banyak  kalimat yang tidak efektif dan ambigu, diksi  banyak yang salah konteks, pemakaian konjungi  banyak  yang keliru
17  -  20
Paragraf tidak padu, kalimat tidak efektif,   sebagian bear struktur kalimat yang salah, diksi sangat  terbatas dan banyak salah konteks, penerapan konjungsi tidak tepat.
15  -  16
MEKANIK
(8-20)
Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali,  bila tulis tangan  rapi dan jelas terbaca,   tidak ada  salah  ketik, pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas.
17  -  20
Ada beberapa kesalahan ejaan, tulisan tangan rapi, ada beberapa salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, margin  pas.
13  -  16
Cukup  banyak kesalahan ejaan dan salah ketik. Tulisan tangan kurang rapi. Jenis, ukuran huruf dan margin tidak konsisten.
10  -  12
Mengabaikan ejaan, tulisan tangan sangat tidak rapi, banyak sekali salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri.
8  -  9
JUMLAH SKOR IDEAL
100
Standar Penilaian BSNP Kurikulum KTSP

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bahasa dan Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aosin Suwadi