Contoh RPP inimengambil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK semester I. Tentunya RPP ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah kami.
e. Pengemudi mempunyai dua alternatif, yaitu terima atau tolak tuduhan. Jika menerima, Anda harus membayar denda ke bank, dan Anda akan diberi surat tilang berwarna biru, dan harus Anda tanda tangani. Dibaliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Dan bisa Anda ambil jika telah menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika Anda menolak tuduhan, sampaikan dengan bahasa yang sopan.
2. Apa akibatnya, jika langkah-langkah tersebut tidak ditempuh?
3. Mengapa teks prosedur ini disebut prosedur kompleks?
4. Deskripsikan dalam paragraf yang kohesi dan koherensi, langkah-langkah apa yang harus dilakukan, jika Anda ditilang?
Demikian contoh RPP ini disajikan, semoga bermanaat.
Terima kasih atas apresiasinya.
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 6 Kota Serang
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1 (satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Proses Menjadi Warga yang Baik
Materi Pokok : Teks Prosedur Kopleks
Pertemuan ke- : 13
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 X 45 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memaham, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil obsevasi, prosedur komplek dan negoisasi
1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli responsive, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan dan kebijakan publik.
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, disiplin, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur komplek eksposisi, dan
negosiasi, baik melalui lisan dan tulisan’
4.4 Mengabtraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan
negosiasi, baik secara lisan maupun tulisan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan pelanggaran lalu lintas.
2. Menyampaikan ungkapan negaosiasi dengan baik dan benar.
3. Menggunakan kartu ATM sesuai dengan prosedur yang benar
4. Mengobservasi Prosedur penyelesaian perkara pelanggaran berlalu lintas
D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengikuti proses belajr, peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks prosedur.
2. Setelah membaca teks pelanggaran lalu lintas, peserta didik dapat mengidentifikasi langkah-langkah dalam teks prosedur tentang pelanggaran lalu lintas.
3. Setelah membaca teks pelanggaran lalu lintas, peserta didik dapat menyebutkan tujuan dalam teks prosedur tentang pelanggaran lalu lintas.
4. Setelah mengikuti proses belajr, peserta didik dapat mendeskripsikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam paragraf yang kohesi dan koherensi.
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian teks prosedur kompleks
2. Contoh teks pelanggaran lalu lintas “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Ditilang”.
2. Contoh prosedur penyelesaian pelanggaran berlalu lintas.
3. Kohesi dan koherensi (konjungsi, kata ganti, repetisi)
F. Strategi/ Metode/ Pendekatan Pembelajaran
a. Pendekatan : Saintifik
b. Metode : Diskusi, penugasan, dan curah pendapat
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal :
a. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
d. Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati (membaca) contoh teks “Pelanggaran Lalu lintas”
b. Menanya dan menjawab pertanyaan secara lisan berdasarkan teks yang berjudul “Pelanggaran lalu lintas”.
c. Menganalisis kesamaan orientasi dalam teks Pelanggaran lalu lintas.
d. Mendiskusikan permasalahan pelanggaran lalu lintas
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat rangkuman
b. Melakukan refleksi, misalnya merefiew bagian mana yang perlu dijelaskan yang lebih lanjut.
c. Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua.
d. Merencanakan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
H. Sumber/ Media Pembelajarn :
1. Sumber:
a. Buku BahasaIndonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Kemendikbud RI(halaman 35 – 42)
b. KBBI. 2007
2. Media: Leptop, notebook, HP, jaringan internet,.
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar:
1. Teknik dan bentuk Instrumen
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik (lihat diagram
|
Tes tulis
|
Mendeskripsikan pelanggaran berlalu lintas
|
2. Instrumen/Rubrik Penilaian
a. Penilaian Sikap
NO
|
Aspek
|
Deskripsi
|
SKOR
| |||
1.
|
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia
|
Menunjukkan ekspresi atau ungkapan senang, kagum.
|
3
| |||
Menunjukkan sikap yakin dan bangga terhadap keberadaan bahasa Indonesia
|
2
| |||||
Selalu menggunakan bahasa Indonesia secara tertib
|
1
| |||||
2.
|
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
Kalimat yang digunakan komunikatif.
|
3
| |||
Diksi yang digunakan dalam diskusi menggunakan kata-kata halus seperti tolong, saya harap, menurut pendapat saya, dsb.
|
2
| |||||
Sebelum memberi tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua kelompok/moderator
|
1
| |||||
3.
|
Sikap tanggung jawab, peduli, responsif untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang harus dilakukan jika ditilang.
|
Mengerjakan tugas sesuai dengan pembagian kerja yang telah ditentukan dalam kelompok.
|
3
| |||
Mengerjakan tugas tidak sesuai dengan pembagian kerja yang telah ditentukan dalam kelompok
|
2
| |||||
Mengerjakan tugas tidak sesuai dengan pembagian kerja yang telah ditentukan dalam kelompok
|
1
| |||||
SKOR IDEAL
|
9
| |||||
9
|
X
|
4
|
=
|
4
| ||
9
|
b. Penilaian tes uraian
NO
|
ASPEK
|
SKOR
| ||||||
1
|
Isi
|
Sangat sesuai dengan isi teks
|
4
| |||||
Sesuai dengan isi teks
|
3
| |||||||
Kurang sesuai dengan isi teks
|
2
| |||||||
Tidak sesuai dengan isi teks
|
1
| |||||||
2
|
Sistimatik
|
Urutan cerita sangat sesuai dengan teks asli
|
4
| |||||
Urutan cerita sesuai dengan teks asli
|
3
| |||||||
Urutan cerita kurang sesuai dengan teks asli
|
2
| |||||||
Urutan cerita tidak sesuai dengan teks asli
|
1
| |||||||
3
|
Kebahasaan
|
Sangat sesuai dengan kaidan bahasa Indonesia
|
4
| |||||
Sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
|
3
| |||||||
Kurang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
|
2
| |||||||
Tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
|
1
| |||||||
SKOR IDEAL
|
12
| |||||||
12
|
X
|
4
|
=
|
4
| ||||
12
| ||||||||
Serang, Oktober 201
| ||
Diketahui oleh
Kelala Sekolah,
Drs. H, Maman Abdurachman M. Pd.
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran,
Aosin Siwadi, S.Pd.,M. Si
NIP. 19610605 198305 1009
|
Bacalah teks prosedur tentang tilang!
Sebelum membaca teks tersebut jawab dulu pertanyaan berikut:
1. Apakah kalian sudah berhak mengendarai kendaraan bermotor?
2. Apakah kalian sudah memenuhi syarat untuk mempunyai surat izin mengemudi?
3. Pernahkan kalian ditilang atau melihat orang lain yang ditilang?
4. Apa yang kalian lakukan jika ditilang?
5. Apakah kalian pernah disidang karena ditilang?
6. Jika pernah, kesalahan apa yang kalian lakukansehingga kalian ditilang?
7. Betulkah rendahnya kesadaran berlalu lintas menjadi penyebab utama terjadinya pelanggaran?
8. Betulkah tertib berkendara dengan mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas merupakan cerminan karakter seseorang?
9. Jelaskan bahwa pelanggaran lalu lintas dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain?
10. Apa yang harus kalian lakukan pada saat melihat kecelakaan lalu lintas yang pengendaranya terluka parah?
Polisi sedang memeriksa kelengkapan surat-surat motor
Langkah apa saja yang Harus Anda Lakukan jika Ditilang
1. Langkah-langkah yang harus anda lakukan jika ditilang
a. Kenali siapa nama dan apa pangkat polisi yang tercantum di seragamnya. Mereka wajib menunjukkan tenda pengenal. Jangan hentikan kendaraan jika ada orang yang berpakaian preman mengaku polisi!
b. Pahami apa kesalahan Anda. Tanyakan apa kesalahan Anda. Pasal berapa dan berapa dendanya.
c. Pastikan tuduhan pelanggaran Anda. Pastikan rambu-rambu apa yang Anda langgar.
d. Jangan serahkan STNK, kecuali motor tersebut diduga hasil tindak pidana, pelanggaran.
e. Pengemudi mempunyai dua alternatif, yaitu terima atau tolak tuduhan. Jika menerima, Anda harus membayar denda ke bank, dan Anda akan diberi surat tilang berwarna biru, dan harus Anda tanda tangani. Dibaliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Dan bisa Anda ambil jika telah menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika Anda menolak tuduhan, sampaikan dengan bahasa yang sopan.
3. Mengapa teks prosedur ini disebut prosedur kompleks?
4. Deskripsikan dalam paragraf yang kohesi dan koherensi, langkah-langkah apa yang harus dilakukan, jika Anda ditilang?
Demikian contoh RPP ini disajikan, semoga bermanaat.
Terima kasih atas apresiasinya.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !